Peristiwa

Dusun di Lamongan Peringati Harlah Pancasila dengan Cara Unik

Gerbang masuk Dusun Jalak, Lamongan, dengan hiasan warna merah putih

Lamongan (beritajatim.com) – Hari Lahir (Harlah) Pancasila diperingati tiap 1 Juni, berdasarkan Keputusan Presiden nomor 24 tahun 2016. Hari Lahir Pancasila 2021 jatuh pada Selasa (1/6/2021), dan ditetapkan sebagai tanggal merah atau hari libur nasional. Sehubungan dengan hal tersebut, sebagian rakyat Indonesia memilih untuk memperingati hari kelahiran Pancasila ini dengan cara yang unik dan kreatif.

Sebagaimana pantauan beritajatim.com di beberapa sudut Kabupaten Lamongan, tepatnya di Dusun Jalak Desa Sukorejo Kecamatan Turi. Di dusun itu warga kompak menyalurkan kreatifitasnya masing-masing dengan membuat ornamen dan mural bertema semangat kebangsaan, lengkap dengan bendera merah putih yang terpampang di tiap halaman depan rumah warga.

Kepala Dusun Jalak, Yusuf mengungkapkan, pemasangan bendera atau peringatan hari-hari besar memang sudah menjadi kebiasaan turun temurun di lingkungan warganya. Hal itu untuk mengenang jasa para pejuang. “Itu cara kami menghargai jasa para pejuang, setiap tahun bahkan warga inisiatif sendiri, kadang cuma kita ingatkan saja,” ungkap Yusuf, Selasa (1/6/2021).

Meski tak ada perayaan meriah yang digelar dalam momen bersejarah kali ini, Yusuf menjelaskan, banyak warga di desa yang menyalurkan kreatifitasnya sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah dalam membangkitkan spirit kebangsaan di lingkungan masyarakat.

“Kalau dibilang spesial, tidak juga, hanya saja melalui cara ini masyarakat bisa tahu dan menyaksikan betapa pentingnya Pancasila sebagai ideologi bangsa,” jelasnya saat diwawancarai.

Lebih lanjut, dalam keterangannya Yusuf menambahkan, banyak pilihan yang bisa dilakukan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, tak melulu harus dengan acara formal dan mewah. Menurutnya, hal-hal kecil berupa pemasangan bendera pun dapat membentuk karakter dan watak di lingkungan warganya. Bahkan, hanya dengan mengingat serta mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila tersebut sudah merupakan ciri dari masyarakat yang cinta tanah air.

Salah satu mural di tembok warga Dusun Jalak

“Nilai gotong royong contohnya, kemarin warga getol membuat tempat tiang bendera. Meskipun tidak ada anggaran dari desa, warga punya inisiatif sendiri dengan cara swadaya,” pungkas Kepala Dusun tersebut dengan ramah.

Diketahui sebelumnya, Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2021 ini mengusung tema ‘Pancasila dalam Tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh’. Sementara itu, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) telah mengeluarkan surat edaran untuk segenap komponen bangsa dan masyarakat Indonesia agar berkomitmen memperingati Harlah Pancasila sebagai bagian dari pengarusutamaan Pancasila dalam seluruh bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Masyarakat dan lembaga negara diimbau tidak mengadakan kegiatan atau aktivitas peringatan Harlah Pancasila Tahun 2021 yang mengakibatkan berkumpulnya orang banyak atau massa pada suatu lokasi. Peringatan tersebut dapat dilakukan secara kreatif dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid 19. [riq/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar