Iklan Banner Sukun
Peristiwa, Siapa Dia

Dunia Kreatif Jadi Pilihan Mantan KSAL Siwi Sukma

Pasuruan (beritajatim.com) – Banyak cerita yang mengesankan dari seorang mantan Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI (Purn.) Siwi Sukma Adji, S.E., M.M yang sudah melepas jabatan tertinggi di TNI Angkatan Laut sejak tahun 2020 lalu.

Bapak dari dua orang anak yang dulunya mengemban sebagai prajurit TNI bintang 4 ini, sekarang memiliki kesibukan menulis buku. Sudah banyak buku yang ia ciptakan mulai dari novel, komik dan buku motivasi.

“Sudah suka menulis itu sejak Sekolah Menengah Atas, itu saya sering bikin tulisan di mading sekolah. Novel pertama yang saya tulis itu judulnya “Berada Dalam Dua Dunia” novel itu bercerita tentang pengalaman saya selama 35 tahun berkecimpung di Angkatan Laut,” ujar Siwi saat diwawancarai reporter beritajatim.com Sabtu (27/11).

Tak hanya itu Siwi sapaan akrabnya, juga sering menulis lirik lagu untuk band yang di nahkodai oleh anggota TNI Angkatan Laut. Band tersebut bernama EL Lima Band, yang sudah merilis sebanyak 13 lagu, dan semua lagu itu merupakan ciptaan dari mantan Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI (Purn.) Siwi Sukma Adji, S.E., M.M

Pria yang sudah mengabdi selama 35 tahun di Angkatan Laut ini juga membantu anaknya dalam sebuah produksi film. Salah satu film yang pernah Siwi tulis yakni film berjudul “Impian Anak Bahari” yang akan di launching bulan Desember mendatang.

“Ketertarikan saya didunia perfiliman sampai mengajak anak saya belajar di Batam yang dimana itu Hollywoodnya Indonesia. Saya juga selalu berusaha mendukung anak saya yang berkecimpung didunia perfilman, salah satunya saya juga nulis naskah film dan anak saya yang mengeksekusi dengan teman-temannya,” sambungnya.

Siwi yang saat ini berusia 58 tahun mulanya merasa kesulitan dengan pola anak muda yang melakukan kegiatannya secara individu. Namun, semua itu bukan halangan baginya guna mempererat hubungan dengan keluarganya.

Siwi juga menyampaikan banyak kesan saat ia menjabat sebagai kepala staf Angkatan Laut selama dua tahun. Mulai dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo hingga mantan Mentri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Menurutnya Moment yang tidak terlupakan bersama pak Presiden itu merupakan saat adanya bencana gempa bumi di dua wilayah yang berbeda di Indonesia. Saat itu ia langsung ditugasi oleh Jokowi guna membuat kapal rumah sakit sebanyak 2 unit.

“Saat itu ada dua gempa bumi, di Palu dan di Lombok. Presiden menanyakan ada berapa banyak kapal rumah sakit milik Indonesia, dan saya jawab satu. Disaat itulah prisiden langsung memberikan perintah kepada saya untuk membuat dua kapal lagi,” ujar Siwi.

Sedangkan momen bersama Mentri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Siwi banyak menerima pro dan kontra saat marak seruan “tenggelamkan kapal”. Namun itu bukan hal yang membuatnya putus asa, justru hal semacam itu membuat Siwi semakin tertantang guna menyelamatkan perairan Indonesia.

Meski sudah tidak menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Laut, Siwi tetap berpesan kepada anak muda agar selalu menjaga laut dan alam. Hal ini dilakukannya dalam sebuah karyanya berupa buku, lirik lagu, dan film.

“Indonesia itu berada ditengah – tengah, oleh sebab itu harus mewujudkan kawasan aman dan damai di laut Asia Tenggara. Jika bukan kita masyarakat Indonesia siapa lagi yang akan menjaga laut Indonesia,” tutupnya. (ada/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Monstera Cafe, Tempat Kopi Hits di Puncak Kota Batu

APVI Tanggapi Soal Kenaikan Cukai Rokok Elektrik

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati