Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Dua Pohon Besar di Lamongan Tumbang ke Rel, Perjalanan KA Sempat Terhenti

Pohon trembesi berukuran besar yang berada di bahu jalan nasional, tepatnya di Desa Pangkatrejo, Kecamatan/Kabupaten Lamongan tumbang, Kamis (9/6/2022)

Lamongan (beritajatim.com) – Dua pohon trembesi berukuran besar yang berada di bahu jalan nasional, tepatnya di Desa Pangkatrejo, Kecamatan/Kabupaten Lamongan, tumbang. Tumbangnya dua pohon itu dikarenakan derasnya hujan dan angin kencang yang melanda kawasan setempat, Kamis (9/6/2022).

Meski tumbangnya pohon ini tak mengarah secara langsung ke badan jalan nasional, namun pohon itu jatuh ke arah selatan dan memakan badan rel Kereta Api (KA). Akibatnya, perjalanan KA Jayabaya jurusan Surabaya – Jakarta harus terganggu dan sempat terhenti selama 5 menit, radius 200 meter dari titik pohon yang tumbang.

Diketahui, jarak dua pohon yang tumbang ini cukup berdekatan. Antara satu pohon dengan pohon lainnya berjarak sekitar 25 meter, terpisahkan bangunan warung semi permanen. Mengetahui kondisi itu, puluhan petugas pun berduyun-duyun ke lokasi. Mereka langsung melakukan pemotongan dan mengevakuasi pohon tumbang yang ada di badan rel KA tersebut.

“Iya sempat mengganggu, tapi sebentar. Tadi KA harus berhenti sekitar lima menit di tengah perjalanan, karena terhalang pohon tumbang,” kata seorang petugas PT KAI, Nur Cahyo di lokasi.

Nur Cahyo menjelaskan, pemotongan dan evakuasi dahan, ranting dan batang pohon yang tumbang ini cepat terselesaikan. Sehingga perjalanan KA yang sempat terhenti tidak berlangsung lama dan bisa melintas kembali secara normal. “Sekarang sudah normal kembali,” kata Nur Cahyo.

Dalam kesempatan yang sama, Hila (27), pemilik warung yang berada di sebelah pohon yang tumbang menyampaikan, jeda waktu tumbangnya pohon satu dengan yang lainnya hampir bersamaan, yakni hanya berselang 10 menit.

“Yang roboh pertama itu yang timur, baru menyusul pohon yang di barat. Gak lama kok, setelah pohon yang timur roboh, 10 menit kemudian pohon di barat roboh,” ungkapnya.

Hila juga membenarkan, robohnya dua pohon besar itu karena hujan deras disertai angin kencang dari arah utara. Tak ada korban jiwa dalam insiden ini. Hanya saja, atap warungnya di sisi timur pecah karena tersangkut dahan pohon.

Terpisah, Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif menuturkan, kabar tumbangnya 2 pohon yang menimpa rel KA ini ia terima pada pukul 15.01 WIB. “Kabar kami terima pada pukul 15.01 WIB dan pada pukul 15.25 WIB pohon tersebut sudah disingkirkan dari jalur KA,” ujar Luqman.

Saat dikonfirmasi Luqman juga membenarkan bahwa KA Jayabaya dari Pasar Turi tujuan Pasar Senin Jakarta ini sempat terhenti selama 10 menit sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan pada pukul 15.25 WIB. “KA Jayabaya dari Pasar Turi tujuan Pasar Senin Jakarta, (berhenti) selama 10 menit. Pukul 15.25 WIB tadi lewat di lokasi tersebut dan sekarang sudah normal kembali,” pungkasnya. [riq/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar