Peristiwa

Dua Pengendara Positif Covid, Disuruh Putar Balik

Malang (beritajatim.com) – Pengecekan di Posko Penyekatan Exit T Singosari oleh Forkopimda Kabupaten Malang, Kamis (8/7/2021), menemukan dua pengendara mobil yang positif Covid-19.

Kapolres Malang AKBP Bagoes Wibisono mengatakan, pengecekan di Exit Tol Singosari untuk memastikan bahwa aturan-aturan pembatasan yang tertuang di Inmendagri nomor 15 tahun 2021 tersebut berjalan dengan baik.

“Kita ingin pastikan bahwa penyekatan ini berjalan dengan baik, sesuai Inmendagri tujuannya adalah untuk menahan laju penyebaran Covid-19,” tegas Bagoes.

Mantan Kapolres Madiun ini merinci, pada PPKM Darurat di Kabupaten Malang, pihaknya mendirikan 10 pos check point, 7 pos observasi dan 2 pos pembatasan. Sedangkan jumlah personil yang dilibatkan sekitar 1.300 personil gabungan TNI-Polri, Satpol PP Pemkab Malang dan Ormas.

Soal teknis, lanjut Bagoes, sesuai ketentuan yang tertuang di Inmendagri nomer 15 tahun 2021, untuk sektor esensial yaitu kendaraan yang mengangkut kebutuhan bahan pokok, alat kesehatan dan obat-obatan bisa melanjutkan perjalanan dengan menunjukan identitas dan surat tugas dari perusahaannya.

“Tapi untuk sektor non esensial, para pengemudi diijinkan masuk. Jika dapat menunjukkan identitas diri, surat keterangan sehat termasuk surat keterangan rapid antigen. Jika tidak dapat menunjukkan kita minta para pengemudi untuk putar balik ke daerah asal,” paparnya.

Bagoes menambahkan, dari 766 kendaraan yang melintas di Exit Tol Singosari, sebanyak 114 kendaraan telah diminta putar balik. Sedangkan jumlah pengemudi yang di-rapid antigen oleh tenaga Kesehatan dari Dinkes Kabupaten Malang mencapai 48 orang. Dan diketahui, 2 orang pengendara dinyatakan positif.

“Dua orang yang dinyatakan positif tersebut sudah kita minta putar balik. Mereka berasal dari Surabaya dan Bojonegoro,” kata Bagoes mengakhiri. [yog/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar