Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Dua Objek Wisata Legendaris di Sampang Ditutup Disporabudpar

Wisata Gua Lebar di Sampang (Foto: Zamachsari/beritajatim.com).

Sampang (beritajatim.com) – Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Sampang menutup dua lokasi wisata. Pertama lokasi bekas galian batu kapur yakni Gua Lebar dan pemandian sumber air Sumberotok.

Wisata Gua Lebar yang berada di Kelurahan Rongtengah, Kecamatan/Kabupaten Sampang, dinilai rawan longsor dan membahayakan pengunjung.

Sementara wisata pemandian Sumberotok yang berada di Desa Taddan, Kecamatan Camplong, juga sama, yaitu rawan longsor.


“Karena membahayakan pengunjung, maka dua lokasi wisata itu kami tutup,” ucap Indah, Kabid Pariwisata, Disporabudpar, Jumat (25/11/2022).

Indah menceritakan, beberapa waktu lalu di lokasi wisata Gua Lebar terjadi longsor. Beruntung tidak ada korban jiwa. “Alhamdulilah tidak sampai memakan korban, sebab wisatawan juga memahami situasi di dinding gua lebar yang memang rawan longsor,” imbuhnya.

Pihaknya tidak bertanggung jawab apabila ada korban wisatawan yang memaksa datang ke tempat dua wisata tersebut. Sebab, penutupan sudah disebar baik kepada juru wisata maupun diumumkan melalui media.

“Sehingga kedepannya, apabila ada korban saat longsor berlangsung, kami tidak tanggungjawab. Termasuk pada wisata sumber otok, kasusnya sama dengan Goa lebar,” jelasnya.

Ditanya kapan membuka kembali dua wisata yang ditutup itu, pihaknya tidak akan membuka dua wisata itu. Sebab, yang bencana longsor tidak bisa ditaksir.

“Kami sudah menutup paten dua wisata itu, jadi kami tidak akan membuka kembali,” pungkasnya. [sar/but] 


Apa Reaksi Anda?

Komentar