Peristiwa

Dua Kapal Basarnas Merapat ke Banyuwangi Cari Nanggala 402

Ket : Petugas Pos Basarnas Banyuwangi saat berada di Pelabuhan Tanjungwangi, Ketapang. (dok/rindi)

Banyuwangi (beritajatim.com) – Basarnas menurunkan sejumlah kapal untuk mendukung pencarian KRI Nanggala 402 yang hilang kontak di Perairan Bali. Sejauh ini ada dua kapal yang merapat di Pelabuhan Tanjungwangi, Banyuwangi.

Di antaranya, KN Antasena dan dari Basarnas Jakarta ada KN Wisnu. “Menyiapkan 2 kapal penyelamat dan penyelam untuk membantu proses pencarian kapal selam Nanggala 402 yang hilang di perairan Bali utara. Kapal ini juga membawa kru penyelam,” jelas Koordinator Pos Basarnas Banyuwangi, Wahyu Setya Budi, Jumat (23/4/2021)

Wahyu menyebut, pihaknya telah diperintahkan untuk mempersiapkan alat utama (alut) Basarnas beserta krunya. Saat ini, Pos Basarnas Banyuwangi ada satu rubber boat yang berada di Pelabuhan Tanjungwangi.

“Untuk sementara info yang kita terima dari pimpinan kita yang di Surabaya untuk mempersiapkan alut,” terangnya.

Meski demikian, wahyu belum bisa memastikan pergerakan kapal maupun aksi pencarian. Karena masih menunggu arahan dan sebatas persiapan.

“Jika memang dibutuhkan oleh pihak Lanal kita ready,” pungkasnya.

Sebelumnya, kapal selam KRI Nanggala 402 hilang kontak saat melaksanakan gladi resik pelatihan peluncuran torpedo. Kapal dengan 53 awak itu hilang kontak saat berada di perairan utara Bali berjarak 60 mil laut atau sekitar 95 KM. (rin/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar