Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Dua Kali Api Membakar Bengkel Sepeda Motor di Jember

Lima unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang membakar bengkel di Jember.

Jember (beritajatim.com) – Api membakar Tri Jaya, sebuah bengkel sepeda motor di Jalan Hayam Wuruk Nomor 156, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Kamis (2/6/2022) malam.

Sebuah sepeda motor berhasil dievakuasi.

Petugas semula mengerahkan dua unit truk pemadam kebakaran pada pukul delapan malam. Suharto, Komandan Regu A, semula mengaku kesulitan membuka pintu bengkel. Namun setelah pintu berhasil dibuka, mereka bekerja keras dan cepat untuk memadamkan api dalam waktu setengah jam.


“Tadi sebenarnya sudah pendinginan, sudah mati. Akhirnya pakai spray dari atas. Tidak tahunya ada oli yang bocor dan akhirnya meledak. Api kedua ini yang besar. Dikurung dengan dua mobil pemadam, tidak mampu. Kami pun mengeluarkan foam (busa),” kata Suharto.

Satuan Polisi Pamong Praja Jember langsung menurunkan tiga unit mobil pemadam lagi untuk membantu pemadaman. “Di dalam, habis semua. Yang berhasil diselamatkan adalah sepeda motor Beat dan mesin pompa angin,” kata Suharto. Sementara itu showroom Asean Motor tidak terkena api, namun ada sejumlah kerusakan.

Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat Satpol PP Nino Eka Putra menambahkan, obyek terbakar adalah bengkel yang berisi spare part kendaraan dan bahan bakar seperti oli. “Proses pemadaman membutuhkan waktu lebih kurang 1 jam 15 menit yang dilanjutkan proses pendinginan 15-20 menit,” katanya.

“Diperkirakan asal api dari bengkel. Namun untuk investigasi lebih lanjut, teman-teman kepolisian yang bisa menerangkan,” kata Nino.

Saat ini, bengkel dan show room dipasangi pita kuning penanda tempat kejadian perkara. Polisi menunggu tim dari laboratorium forensik Kepolisian Daerah Jawa Timur datang. “Dugaan awal akibat (arus pendek) listrik. Tapi nanti kami pastikan lagi,” kata Kepala Kepolisian Resor Jember Ajun Komisaris Besar Hery Purnomo. [wir]


Apa Reaksi Anda?

Komentar