Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Dua Bangunan Oven Tembakau di Bojonegoro Terbakar

Bojonegoro (beritajatim.com) – Dua bangunan oven tembakau di Dusun Sumengko, Desa Tondomulo, Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro terbakar. Kebakaran diperkirakan terjadi sekitar pukul 06.30 WIB, Minggu (17/10/2021).

Akibat kebakaran tersebut pemilik oven tembakau Suharjo (50) mengalami kerugian mencapai Rp 40 juta. Itu karena puluhan ton daun tembakau yang dikeringkan ludes terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut.

Menurut keterangan pemilik oven tembakau, sekitar pukul 06.00 WIB Suharjo sedang mengecek dan menambah kayu bakar yang dipakai untuk bahan bakar pengeringan daun tembakau. Selang 30 menit kemudian melihat kepulan asap hitam dari bangunan tersebut.

Kepala Bidang Pemadaman Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bojonegoro Adi Winarno mengungkapkan, setelah melihat kepulan asap hitam dari bangunan oven itu, Suharjo sempat berteriak minta tolong kepada warga setempat untuk membantu memadamkan api.

“Pos bantu pemadam kebakaran mendapat laporan pukul 06.40 WIB kemudian langsung menuju ke lokasi kejadian. Sekitar pukul 07.05 WIB petugas sampai di lokasi,” ujarnya.

Api berhasil dipadamkan oleh 11 personil pemadam kebakaran sekitar pukul 08.00 WIB dibantu oleh masyarakat dan jajaran stakeholder setempat. Akses yang sempit menuju ke lokasi kebakaran, ditambah jaringan telepon seluler yang sulit menjadi kendala petugas.

“Kebakaran diduga berasal dari daun tembakau kering yang jatuh ke tungku api pemanas dan menjalar ke dinding yang terbuat dari kayu jati dan seng,” terangnya. [lus/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar