Peristiwa

dr Agus Harianto Ahli Kembar Siam RSUD dr Soetomo Meninggal Dunia

dr Agus Harianto SpA (K) semasa hidup. [foto/dok]

Surabaya (beritajatim.com)- dr Agus Harianto SpA (K) yang dikenal sebagai Ketua Tim Pusat Pelayanan Kembar Siam Terpadu RSUD Dr Soetomo, Sabtu (5/6/2021) telah berpulang kepada Sang Pencipta.

Dikabarkan bahwa dr Agus meninggal sekitar pukul 03.00 dini hari. Kabar ini dibenarkan oleh, dr Achmad Y Heryana SpA yang menjadi moderator dalam zoom penghormatan terakhir yang diadakan rekan-rekan dokter Agus.

“Rencana jenazah akan disucikan di Masjid An Nur untuk kemudian diberangkatkan dari RSUD Dr Sutomo, menuju TPU Keputih. Sebelum menuju TPU Keputih juga akan melewati aula FK Unair untuk penghormatan terakhir,”urainya.

Menurut Achmad, dokter Agus merupakan guru yang menjadi panutan karena selalu memberikan waktu luang pada para anak didiknya. “Sumbangsih beliau terbesar adalah membentuk tim kembar siam dan beberapa kali berhasil menjalankan proses pemisahan bayi kembar siam,” lanjutnya.

Untuk diketahui, Dokter Agus merupakan lulusan Fakultas Kedokteran (FK) Unair tahun 1971. Ia lulus pendidikan dokter spesialis setelah tiga tahun. Kemudian pada 1990 ia mulai membantu mengerjakan kasus kembar siam. Namun, saat itu hanya sebagai juru bicara.

dr. Agus baru benar-benar menjalankan program kasus kembar siam pada 2009. Dia membuat program dan menyusun kembali standart operating procedure (SOP). [adg/suf]

Penghormatan terakhir yang dilakukan kolega almarhum melalui zoom meeting


Apa Reaksi Anda?

Komentar