Peristiwa

DPUPR Magetan Targetkan Jembatan Bogem Bisa Dilewati Akhir Tahun Ini

Jembatan Bogem yang sudah dikeruk namun tak terlihat ada pekerja meski di hari kerja. (foto: Fatihah Ibnu Fiqri)

Magetan (beritajatim.com) – Progres pembangunan Jembatan Bogem, Desa Bogem, Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Magetan masih berlanjut. Proses lelang sudah selesai dengan nilai harga terkoreksi yakni Rp 951 juta.

‘’Proses pembangunan sudah dimulai, sudah dikeruk, dan prosesnya tetap kami lanjutkan, renancanya akan dibangun pondasi dulu yakni cor beton mirip box culvert,’’ ungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Magetan Muhtar Wakid.

Total nilai HPS untuk paket pembangunan Rp 1,18 miliar, dengan HPS sebanyak Rp 1,2 miliar. Dia mengungkapkan kalau skemanya adalah pemeliharaan atau rehabilitasi jembatan yang digunakan sejak jaman Belanda itu.

‘’Kemungkinan selesai akhir tahun ini. Harapannya cuaca mendukung, karena sungai itu cukup rawan banjir. Tapi kami optimis selesai tepat waktu,’’ katanya.

Secara konstruksi, sudah tak kuat apabila jembatan sebagai tempat lalu lalang kendaraan tambang itu hanya dibangun melengkung. Sehingga, perlu cor beton untuk membangun kembali jembatan itu. Sekaligus melebarkan agar luas penampangnya lebih lebar. Tekanan yang diberikan ke pondasi pun bisa dikurangi. [fiq/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar