Peristiwa

Soal Surat Mendagri

DPRD Jember Temui Pejabat Pemprov Jatim, Ini Hasilnya

Jember (beritajatim.com) РPimpinan  DPRD Jember bertemu dengan sejumlah pejabat Pemerintah Provinsi Jawa Timur di Surabaya, Rabu (27/11/2019) siang lalu. Mereka membahas tindak lanjut surat Menteri Dalam Negeri mengenai rekomendasi atas pemeriksaan khusus terkait persoalan birokrasi di Jember.

Selain dihadiri empat pimpinan DPRD Jember, rapat dihadiri pejabat dari Biro Administrasi Pemerintahan dam Otonomi Daerah, Inspektorat Provinsi Jatim, Biro Hukum, Badan Kepegawaian Daerah, dan Biro Organisasi.

Dalam rapat konsultasi itu, menurut Ketua DPRD Jember Itqon Syauqi, Inspektorat Jatim menyatakan ¬†akan segera menyiapkan telaahan kepada Gubernur Khofifah Indar Parawansa. “Namun tindak lanjut surat mendagri itu kepada bupati Jember menunggu arahan dan petunjuk dari gubernur,” katanya.

Inspektorat Jatim dan DPRD Jember akan berkoordinasi dengan Pemkab terkait tindak lanjut surat itu. Namun, hingga pertemuan itu ternyata Gubernur Jatim belum menerima surat mendagri. Padahal DPRD Jember dan Inspektorat sudah menerimanya sebagai pihak yang mendapat tembusan.

Itqon terkejut. “Ini kan jadi lucu,” katanya. Namun ia tak mau berburuk sangka. Akhirnya hasil pertemuan tersebut dituangkan dalam resume berita acara pertemuan yang ditandatangani bersama semua hadirin.

Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian menerbitkan surat kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa tertanggal 11 November 2019. Ia meminta kepada Khofifah agar memerintahkan secara tertulis kepada Pemerintah Kabupaten Jember untuk mencabut 15 keputusan bupati soal pengangkatan dalam jabatan, satu keputusan bupati tentang demisioner jabatan, satu keputusan bupati terkait pengangkatan kembali pejabat yang dilakukan demisioner, dan 30 peraturan bupati tentang kedudukan, susunan organisasi, tugas dan fungsi serta tata kerja (KSOTK).

Selain itu, Pemkab Jember juga diperintahkan menindaklanjuti surat Menterti Dalam Negeri yang ditandatangani Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil nomor 821.2/242/Dukcapil tanggal 9 Januari 2019. Surat itu mengenai peringatan atas penggantian Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependuduan Kabupaten Jember. (Wir/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar