Iklan Banner Sukun
Peristiwa

DLH Jombang Ambil Sampel Air Sungai Mojoranu yang Berubah Warna

Petugas dari DLH Jombang mengambil sampel air di Sungai Mojoranu Kecamatan Mojoagung, Jumat (23/9/2022)

Jombang (beritajatim.com) – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jombang mendatangi Sungai Mojoranu Desa Tanggalrejo, Kecamatan Mojoagung yang berubah warna, Jumat (23/9/2022). Sejumlah petugas yang datang mengambil sampel air tersebut di beberapa titik. Air itu dimasukkan ke dalam wadah khusus.

Selanjutnya, air tersebut akan diteliti di laboratorium. Oleh sebab itu, DLH Jombang belum berani memastikan apa penyebab air yang beribah warna menjadi merah kecoklatan tersebut. “Dugaan sementara dari lumut. Tapi untuk memastikan, kami masih menunggu hasil uji laboratorium. Karena kami sudah mengambil sampel air di beberapa lokasi,” kata petugas dari DLH Jombang Eko Cahyono.

Eko membenarkan, air yang diambil untuk sampel itu ada yang berwarna merah kecoklatan. Dalam mengambil sampel tersebut petugas sangat berhati-hati. Petugas menggunakan sarung tangan. Kemudian mengambil air sungai menggunakan timba plastik. “Sekali lagi, kita belum bisa simpulkan penyebab air sungai berubah warna. Kita tunggu hasil uji laboratorium,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, warga Dusun Mojoranu, Desa Tanggalrejo, Kecamatan Mojoagung, Jombang, dikagetkan dengan perubahan warna air di sungai setempat, Jumat (23/9/2022). Air yang awalnya bening, mendadak berubah menjadi merah kecoklatan. Kepala Desa (Kades) Tanggalrejo Dimas Wahyu Ramadhana mengatakan, air yang berubah warna itu sepanjang 1 kilometer. Memanjang dari arah timur ke barat.

Dimas juga membenarkan bahwa perubahan warna sungai Mojoranu terjadi dua kali ini. Pertama, pada beberapa bulan lalu. Saat itu air sungai menjadi merah darah. Namun ada perbedaan dengan yang terjadi saat ini. “Untuk saat ini merah kecoklatan. Perubahan warna saat ini hanya permukaan saja. Lain dengan dulu. Dalamnya juga merah,” kata Kades Dimas. [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev