Peristiwa

DLH: Bojonegoro Pernah Sepanas Arab Saudi

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro Nurul Azizah.

Bojonegoro (beritajatim.com) – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro Nurul Azizah mengatakan, panas yang terjadi di Bojonegoro pernah sebanding dengan Arab Saudi. Saat musim kemarau seperti saat ini rata-rata suhu panas yang terjadi antara 39-42 derajat celsius.

“Pernah Kabupaten Bojonegoro ini suhunya sama dengan di Arab Saudi, yakni mencapai 44 derajat celsius,” ujar Nurul Azizah, Selasa (22/10/2019).

Saat ini kondisi cuaca di Bojonegoro menempati 41 derajat celsius. Beberapa hal yang mempengaruhi peningkatan suhu ini karena, kata Nurul pepohonan di ruang terbuka hijau terus berkurang, tanah buangan sementara sudah beralih menjadi gedung dan perumahan. “Industrialisasi migas ini juga berdampak,” ungkapnya.

Sehingga, dengan adanya program Peduli Lingkungan dan Kelestarian Sungai Bengawan Solo dari salah satu operator lapangan minyak dan gas bumi (Migas) Pertamina EP Asset 4 Field Sukowati ini karena ada keseimbangan antara pengelolaan lingkungan dengan industri migas.

Selain itu, lanjut dia, banyaknya kendaraan bermotor, juga berdampak pada polusi dan bertambah panas. Serta gas buang dari AC, dan tumpukan sampah. “Tumpukan sampah yang lama ini menimbulkan gas metan dan menambah panas,” ujar Nurul Azizah.

Sekadar diketahui, hari ini Pertamina EP Asset 4 Field Sukowati melakukan program Peduli Lingkungan dan Kelestarian Sungai Bengawan Solo di Balai Desa Semanding, Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro yang diikuti oleh sejumlah muspika dari Bojonegoro dan Tuban.

Dengan adanya program tersebut diharapkan seluruh elemen bisa bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan. Rangkaian acara yang dihadiri oleh muspika Kabupaten Bojonegoro dan Tuban itu kemudian melakukan penanaman pohon di tepian Sungai Bengawan Solo.

“Peduli terhadap lingkungan khususnya sungai Bengawan Solo artinya menjaga keragaman hayati yang ada di sungai tetap lestari,” ujar Jason W Purba, mewakili manajemen Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field. [lus/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar