Peristiwa

Peduli Lingkungan

DLH Bersama Masyarakat Bersih-Bersih Sampah di Pantai Jumiang

Pamekasan (beritajatim.com) – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bersama masyarakat hingga petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan, menggelar kegiatan bersih-bersih pantai di bibir Pantai Jumiang, Desa Tanjung, Pademawu, Minggu (17/3/2019).

Kegiatan tersebut merupakan inisiatif dan aksi sosial demi meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan, khususnya dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Memang kami akui kegiatan ini tidak rutin, tapi rencananya kita agendakan secara periodik. Termasuk interval waktunya juga kita rencanakan kedepan,” kata Kepala DLH Pamekasan, Amin Jabir.

Tidak hanya itu, pihaknya sengaja mengajak masyarakat khususnya yang berada di area sungai ataupun laut agar tidak membuat sampah berbagai jenis khususnya sampah plastik.

“Dari itu kami mengajak masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan. Jika terlanjur membuang sampah, alangkah lebih baiknya dibersihkan demi kebersihan lingkungan,” ajaknya.

Hal senada juga disampaikan Supervisor BPBD Pamekasan, Budi Cahyono yang menyampaikan kegiatan tersebut sengaja dilakukan sebagai upaya merespon berbagai keluhan masyarakat terkait banyaknya jenis sampah di sejumlah pantai di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam.

“Dari itu, DLH Pamekasan mengajak berbagai elemen masyarakat untuk bersama-sama menggelar aksi bersih-bersih pantai. Sampah dikumpulkan dan selanjutnya dibawa ke tempat pembuangan sampah,” jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut, selain DLH dan BPBD juga terdapat berbagai elemen masyarakat. Bahkan di antaranya juga terdapat sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), tim relawan hingga jajaran mahasiswa. [pin]





Apa Reaksi Anda?

Komentar