Peristiwa

DLH Bangkalan Sulit Kendalikan Timbunan Sampah

Anang Yulianto, Kepala Dinas Lingkungan Hidup

Bangkalan (beritajatim.com) – Banyaknya timbunan sampah di wilayah Kabupaten Bangkalan tak sepenuhnya mampu diatasi oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat. Salah satunya timbunan sampah di Kecamatan Kamal.

Untuk mengatasi hal tersebut, DLH berencana membentuk Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS3R).

Anang Yulianto Kepala DLH Bangkalan mengatakan, salah satu solusi agar timbunan sampah tak menggunung yaitu dibagun pengelolaan sampah dengan TPS3R yang dapat dilakukan oleh masyarakat.

“Nantinya pendekatan ini akan dilakukan bersama oleh masyarakat. Jadi yang bisa didaur ulang dipilah dan sampah basah bisa jadi kompos,” ucapnya, Rabu (2/9/2020).

Ia mengatakan, melalui TPS3R ini nantinya sampah bisa dikelola sehingga memiliki nilai ekonomi. Dengan begitu, ketika sampah bisa diolah masyarakat, tugas DLH untuk membersihkan sampah bisa mencangkup wilayah yang luas.

Selain itu, pihaknya juga menggalakkan aksi ekogreen di beberapa pondok pesantren. Sedangkan pada rumah tangga, juga akan disiapkan rumah pengolahan sampah yang akan direalisasikan tahun ini.

“Intinya, kami akan bekali masyarakat untuk siap menjadi SDM dan dari kami akan memberikan fasilitasi pengelolaan. Sehingga pengolahan sampah ini bisa efektif. Ini satu-satunya solusi sebab volume sampah saat ini mulai bertambah,” pungkasnya. [sar/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar