Peristiwa

Dituding Bergerak Sendiri Tertibkan RHU, Irvan: Kami Taat Aturan

Linmas Kota Surabaya saat melakukan pendataan di kantor Posko Satgas Covid 19 Surabaya)

Surabaya (beritajatim.com) – Kabar tak mengenakan menimpa BPB Linmas Kota Surabaya. Instansi yang dipimpin oleh Irvan Widyanto tersebut dianggap bergerak sendiri dan tanpa koordinasi dengan pihak lainnya yang tergabung dengan Satgas Covid Kota Surabaya saat menertibkan Rumah Hiburan Umum di Kota Surabaya.

Dihubungi oleh beritajatim.com pada Rabu, (15/09/2021), Irvan menepis semua anggapan bahwa BPB Linmas bergerak sendiri dalam menertibkan RHU. Menurutnya, selama ini ia selalu berkoordinasi dengan pihak – pihak terkait untuk menertibkan RHU yang bandel.

“Dalam setiap pelaksanaan kita selalu melibatkan TNI-Polri, Satpol PP dan sebagainya. Ketika kita mendapat aduan laporan masyarakat terkait RHU, yang gerak ya yang di posko ini,” ujarnya.

Irvan juga mengungkapkan terkait wewenang BPB Linmas yang tertera di Perwali 67/2021 utamanya di pasal 38 dan 39.

“Di Pasal 38 (2), Walikota melimpahkan kewenangan penanganan sanksi administratif sebagaimana dimaksud pada (ayat 1) kepada Satpol PP, BPBL, dan perangkat daerah sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing. Walikota melimpahkan wewenang bukan hanya kepada Satpol,” Imbuhnya.

Ia pun menegaskan bahwa kedudukan Linmas sebagai Wakil Sekretaris Satgas Covid 19 Kota Surabaya selalu berkoordinasi dengan Kapolres dan Danrem selaku Wakil Ketua Satgas.

“Ndak bener itu kalo kami jalan sendiri, kami selalu koordinasi dengan baik. Wong poskonya di kantor kami ada pihak Satpol PP ada dari Polres dan Korem,” imbuhnya.

Ia pun menegaskan bahwa ke depannya Satgas Covid 19 Kota Surabaya akan memburu RHU yang nekat buka sesuai dengan Inmendagri no 35 tahun 2021.

“Kita akan terus tertibkan karena Surabaya masih Level 3 sesuai dengan Inmendagri kan belum boleh buka,” ujarnya.

Perlu diketahui selama tiga bulan terakhir Satgas Covid 19 kota Surabaya sudah menertibkan 16 RHU yang nekat buka dan membagikan 98 Paket Sembako kepada pekerja hiburan malam. [ang/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar