Peristiwa

Ditinggal ke Pasar, Rumah Pedagang Ikan dan Motor Hangus Terbakar

Tuban (beritajatim.com) – Sejumlah warga yang tinggal di Dusun Tambak, Desa Tambakrejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban yang sedang tidur dikagetkan dengan peristiwa kebakaran hebat yang menghanguskan rumah yang merupakan warga setempat, Sabtu (23/3/2019) dini hari.

Sedikitnya ada dua rumah warga yang hangus rata dengan tanah akibat kejadian kebakaran tersebut. Beruntung tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam kejadian kebakaran itu, namun ada sepeda motor yang ikut terbakar di dalam rumah itu.

Data yang dihimpun beritajatim.com, kebakaran tersebut terjadi di rumah milik Karsiyanto (60), pedagang ikan asap warga Desa Tambakrejo, Kecamatan Rengel, Tuban. Rumah korban yang terbakar berukuran 10 meter X 8 meter yang sebagian besar terbuat dari kayu jati dan rumah berukuran 4 meter X 4 meter yang dijadikan untuk tempat mengasap ikan.

“Kejadiannya sekitar pukul 02.30 wib dini hari tadi,” terang AKP Yani Susilo, Kapolsek Rengel, Polres Tuban.

Kejadian kebakaran rumah milik Karsiyanto itu diduga berawal dari korban yang telah melakukan pembakaran ikan di dapur rumahnya yang berukuran 4X4 meter itu. Setelah selesai mengolah ikan tersebut korban langsung berangkat ke pasar untuk menjual ikan asap tersebut.

“Menurut keterangan, sebelum berangkat ke pasar korban itu membakar ikan dengan menggunakan tungku. Namun, diduga saat itu lupa mematikan apinya dan kemudian ditinggal berangkat ke pasar,” tambahnya.

Api yang pertama muncul dari bangunan rumah yang terbuat dari kayu itu kemudian dengan cepat membesar. Selanjutnya, api merembet ke bangunan utama rumah milik pedagang ikan tersebut dan dengan cepat api membesar hingga warga kesulitan untuk melakukan pemadaman dengan peralatan seadanya.

“Di dalam rumah korban juga terdapat satu unit sepeda motor yang terbakar. Tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam kejadian ini,” papar Kapolsek Rengel itu.

Petugas kepolisian dari jajaran Polsek Rengel kemudian menghubungi petugas PMK dari BPBD Tuban untuk sama-sama melakukan pemadaman api yang membakar dua rumah tersebut. Dari hasil pemeriksaan dan pendataan kerungian dalam kejadian kebakaran pedagang ikan itu ditaksir mencapai sekitar Rp 70 juta.[mut/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar