Peristiwa

Ditemukan Tengkorak Kepala Manusia Diduga Korban Longsor Banaran

Tengkorak kepala manusia ditemukan di aliran sungai yang terbentuk dari bekas longsoran Banaran. (Foto/Istimewa)

Ponorogo (beritajatim.com) – Selang 4 tahun pasca musibah tanah longsor yang terjadi di Desa Banaran Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo. Warga desa setempat pada hari Minggu (25/4) menemukan satu buah tengkorak kepala manusia dewasa dengan ukuran diameter 15 cm dengan kondisi bagian atas retak. Kuat dugaan, tengkorak kepala manusia itu adalah korban yang sempat terkubur di material longsor yang terjadi pada 1 April 2017.

“Iya tadi ada warga yang melapor bahwa telah menemukan tengkorak kepala manusia yang diduga korban dari tanah longsor banaran 4 tahun lalu,” kata Kapolsek Pulung IPTU Hariyadi, Minggu (25/4/2021).

Menurut keterangan dari warga, Hariyadi menceritakan awal penemuan tengkorak kepala manusia tersebut. Awalnya warga hendak berangkat ke ladang, melewati aliran sungi yang terbentuk dari bekas longsoran tanah yang terjadi sekitar 4 (empat) tahun yang lalu yaitu di Dukuh Tangkil Desa Banaran. Nah, saat perjalanan itu, melihat ada 1 buah tengkorak kepala manusia dengan posisi berada diatas batu kali.

“Jadi TKP penemuan tengkorak kepala itu di sungai yang terbentuk dari bekas longsoran,” katanya.

Usai mendapatkan laporan warga, petugas Polsek Pulung langsung meluncur ke TKP. Hasil pemeriksaan ditemukan tengkorak kepala manusia yang diduga adalah korban dari kejadian tanah longsor yang terjadi pada tahun 2017, yang waktu dilakukan pencarian terhadap korban jenazahnya tidak berhasil diketemukan.

“Setelah berkoordinasi dengan perangkat desa setempat, akhirnya tengkorak kepala manusia itu di kuburkan di makam umum Desa Banaran,” pungkasnya.

Untuk diketahui, musibah tanah longsor di Desa Banaran Kecamatan Pulung itu terjadi pada tanggal 1 April 2017. Terdapat 27 warga yang menjadi korban terkubur dalam musibah longsor tersebut. Saat itu, jumlah korban yang berhasil ditemukan hanya 7 orang. [end/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar