Peristiwa

Distribusikan Bantuan, PKS Jombang Dirikan Posko Tanggap Bencana

Kader PKS Jombang sedang membagikan bantuan untuk korban banjir di Kecamatan Bandar Kedungmulyo,

Jombang (beriajatim.com) – Banjir yang menerjang sejumlah desa di Kecamatan Bandar Kedungmulyo memantik empati berbagai pihak. Tidak terkecuali PKS (Partai Keadilan Sejahtera) Jombang. Partai ini mendirikan posko tanggap bencana di lokasi banjir.

Tujuannya, membantu korban banjir dan meringankan beban penderitaan mereka. Para kader PKS langsung terjun ke lokasi. Bersama komunitas lan, mengevakuasi warga dari rumahnya ke tempat pengungsian, juga membagikan nasi bungkus untuk korban banjir di sejumlah desa tersebut.

“Kami juga membagikan baju layak pakai untuk korban banjir. Kemudian mendistribusikan kebutuhan bayi di pengungsian, seperti susu formula dan pampers. Harapannya, apa yang kami lakukan ini bisa meringankan beban korban banjir,” kata Ketua PKS Jombang, Didik Darmadi, Selasa (9/2/2021).

Didik menjelaskan, banjir memang musibah yang tidak diinginkan, namun hal tersebut sudah menjadi kehendak Tuhan Yang Maha Esa. “Maka langkah PKS sebagai partai yang mempunyai tagline Melayani Rakyat, harus gerak cepat dalam membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan,” tambahnya.

Hal senada dikatakan Sekretaris PKS Jombang, Arifin. Menurutnya, PKS juga melakukan langkah preventif untuk penanganan bencana tersebut. Yakni, anggota PKS Jombang yang duduk di legislatif seperti Rochmad Abidin, Mustofa dan Heri Santoso, diminta mengkomunikasikan permasalahan tersebut ke Bupati Hj Mundjidah Wahab.

Banjir yang terjadi di Desa Gondangmanis, Bandar Kedungmulyo, Jumat (5/2/2021). [Foto/Yusuf Wibisono]
“Sehingga harapannya Jombang terhindar dari bencana serupa. Semoga banjir di Kecamatan Bandar Kedungmulyo segera surut. Sehingga masyarakat bisa beraktivitas seperti sedia kala. Roda ekonomi kembali berputar,” pungkas Arifin.

Seperti diberitakan, banjir yang melanda sejumlah desa di Kecamatan Bandar Kedungmulyo disebabkan beberapa titik tanggul jebol. Diantaranya, tanggul Sungai Avur di Desa/Kecamatan Bandar Kedungmulyo jebol di dua titik. Yakni di Dusun Plosorejo dengan lebar kurang lebih 20 meter. Tanggul tersebut jebol pada Kamis (4/2/2021) sekitar jam tiga dini hari.

Kemudian di Dusun Kedunggabus. Tanggul yang jebol di dusun tersebut sepanjang 10 meter. Sementara di Desa Gondangmanis tanggul jebol seluas 20 meter. Tepatnya di Dusun Prayungan. Lagi-lagi, air tersebut masuk area persawahan.

Juga di Desa Brangkal, tanggul Sungai Avur jebol di dua titik. Masing-masing sepanjang 10 dan 7 meter. Jebolnya tanggul ini sekitar pukul setengah enam pagi. Pada Sabtu (6/2/2021), banjir di Dusun Manisrenggo, Gondangmanis mulai surut.

Namun muncul lagi banjir baru di dua desa lainnya. Yakni Desa Pucangsimo dan Desa/Kecamatan Bandar Kedungmulyo. Banjir di Bandar Kedungmulyo ini cukup parah. Ketinggian air mencapai 2 meter. Ribuan warga meninggalkan rumah untuk mengungsi. [suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar