Peristiwa

Distribusi Air Bersih PMI Pamekasan Berakhir

Pamekasan (beritajatim.com) – Tim Tanggap Darurat Bencana Daerah (TDB) Palang Merah Indonesia (PMI) Pamekasan, distribusikan sebanyak 309 tangki air bersih bagi masyarakat terdampak kekeringan di Bumi Gerbang Salam.

Jumlah tersebut didistribusikan dalam rentang waktu sekitar tiga bulan terakhir, khususnya sejak musim kemarau tahun ini. Terhitung sejak Senin (2/9/2019) hingga Senin (9/12/2019) lalu.

“Per tanggal 9 Desember 2019 kemarin, kita secara resmi menghentikan distribusi air bersih kepada masyarakat terdampak kekeringan di Pamekasan,” kata Wakil Kepala Markas PMI Pamekasan, Yulianto Priyanto kepada beritajatim.com, Jum’at (13/12/2019).

Dari total 309 tangki yang didistribusikan, pihaknya sudah menyalurkan air bersih kepada masyarakat terdampak kekeringan hingga seberat 1.545.000 liter air bersih.

“Sasaran distribusi kita tersebar di 34 desa dan 61 titik yang tersebar di 9 (sembilan) kecamatan berbeda di Pamekasan. Dan alhamdulillah proses pendistribusian berlangsung lancar,” ungkapnya.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut mereka juga menggandeng sejumlah pihak untuk bersama membantu meringankan beban masyarakat terdampak kekeringan. Di antaranya komunitas Alumni SMP Negeri 1 Pamekasan, Lazismu Pamekasan hingga pihak Mitra Setia (MS) Pamekasan.

“Kami berharap program ini bermanfaat bagi masyarakat, sekalipun proses pendistribusian air bersih tidak menyebar di seluruh kecamatan terdampak. Tidak kalah penting kami juga sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah bersama membantu program ini, dengan harapan semoga bermanfaat,” pungkasnya.

Untuk diketahui, tercatat hanya dua kecamatan dari total 13 kecamatan berbeda di Pamekasan, dipastikan aman dan terbebas dari kekeringan akibat kemarau musim ini, yakni Kecamatan Pakong dan Pamekasan (Kota). Sedangkan 11 kecamatan lainnya terdampak.

Sementara titik yang dijadikan target distribusi air bersih yang digagas PMI Pamekasan, meliputi Kecamatan Galis, Kadur, Larangan, Pademawu, Pagantenan, Palengaan, Proppo, Tlanakan serta Waru. [pin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar