Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Disnakeswan Lamongan Gelar Vaksinasi Rabies Gratis untuk Hewan

Lamongan (beritajatim.com) – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Lamongan menggelar program kegiatan vaksinasi rabies gratis untuk hewan peliharaan. Kegiatan ini dalam rangka memperingati Word Rabies Day atau Hari Rabies Sedunia yang jatuh pada Selasa (28/9/2021).

“Tujuan digelarnya vaksinasi ini demi menjaga kesehatan hewan dari ancaman penyakit menular, yakni Rabies. Kegiatan ini juga dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia,” ujar Kepala Bidang Kesehatan Disnakeswan Lamongan, Imam Mukhtar kepada wartawan, Selasa (28/9/2021).

Lebih lanjut, Imam Mukhtar menyebutkan, bahwa sasaran dalam vaksinasi hewan tersebut di antaranya adalah hewan-hewan peliharan seperti kucing, anjing, kera dan musang. “Setelah divaksin juga ada pemberian multivitamin tambahan,” imbuhnya.

Pelaksanaan suntik vaksin rabies gratis kepada hewan, di Kantor Disnakeswan Lamongan, Selasa (28/9/2021).

Meski jumlah kuota yang disediakan terbatas, Imam melanjutkan, namun jumlah pemilik hewan yang mendaftarkan hewan peliharaannya untuk divaksin melebihi kuota. Menurutnya, hal itu karena vaksinasi kali ini tidak dipungut biaya alias gratis.

“Karena diadakan gratis, pemilik hewan sangat berantusias dan ingin membebaskan hewannya dari penyakit rabies. Dari 70 dosis yang disiapkan, ternyata ada sebanyak 80 orang mendaftarkan hewannya secara online dan sisanya langsung mendatangi kantor Dinas” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, salah seorang dokter hewan yang bertugas, drh Doni mengungkapkan, sebelum mengikuti vaksin, hewan-hewan yang didaftarkan itu harus memenuhi persayaratan, yakni usia hewan minimal 5 tahun, tidak hamil atau menyusui, dan tidak dimandikan / grooming dalam waktu 1 Minggu terakhir.

Kemudian, Doni menjelaskan, sebelum dilakukan vaksinasi, hewan-hewan tersebut juga harus diperiksa dan dilakukan screening, mulai dari pengecekan berat badan, suhu, ada kutunya atau tidak, serta dilakukan anamnesa untuk mengetahui apakah beberapa hari terakhir hewan itu mengalami sakit, mencret atau tidak.

“Setelah semua dinyatakan siap, baru dilakukan vaksin. Hal itu untuk menghindari adanya kondisi buruk pada hewan pasca divaksin nantinya,” tutur Doni saat diwawancarai.

Sementara itu, drh Fijratonias Akbar juga turut menjelaskan, bahwa vaksinasi rabies ini penting dilakukan demi meningkatkan dan menjaga kekebalan tubuh pada hewan peliharaan dari berbagai serangan penyakit, khususnya rabies.

“Setelah menerima vaksinasi rabies, hewan peliharaan tidak boleh dimandikan dulu selama 2 minggu. Selain itu juga diberikan asupan vitamin, sehari 2 kali untuk 3 hari ke depan,” pungkas Fijrat. [riq/but]

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar