Peristiwa

Disnakan Bojonegoro Tebar 550 Ribu Ekor Benih Ikan Air Tawar

foto/ilustrasi

Bojonegoro (beritajatim.com) – Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Bojonegoro memberikan bantuan sebanyak 550 ribu ekor ikan jenis Nila dan Tawes. Bantuan benih ikan tersebut guna mencukupi kebutuhan ikan air tawar bagi masyarakat.

“Bantuan bibit itu akan ditebar di 50 embung/desa di 15 kecamatan yang dikelola oleh kelompok masyarakat,” kata Kepala Bidang Usaha Perikanan Disnakan Kabupaten Bojonegoro, Imam Suprayogi, Jumat (24/1/2020).

Imam mengatakan, kelompok masyarakat yang mendapatkan bantuan adalah yang berada di sekitar embung, dan sesuai hasil pengajuan di musrenbang (musyawarah perencanaan pembangunan). Diharapkan, kedepan bisa menyeimbangkan ekosistem di air tawar. “Sehingga, masyarakat juga bisa meningkatkan konsumsi ikan segar setiap harinya,” tukasnya.

Bantuan benih ikan pada 2020 itu disebar di 15 kecamatan yang ada di Bojonegoro. Di antaranya Kecamatan Kepohbaru, Sugihwaras, Kalitidu, Bubulan, Ngasem, Kedungadem, Padangan, Malo, Temayang, Balen, Kapas, Sumberrejo, Kanor, Baureno, dan Kecamatan Dander. “Tahun ini dinas hanya memberikan bantuan yang ditaruh di embung saja,” tukasnya.

Untuk setiap pengelola embung diberi 10 ribu sampai dengan 11 ribu benih ikan. Sebab disesuaikan dengan lebar dari embung di masing-masing desa. Sedangkan sumber dananya berasal dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2020 sebesar Rp 60 juta.

Dari jumlah tersebut, rinciannya untuk pembinaan, angkutan, dan kemasan. Selain itu, juga dapat bantuan dari Provinsi Jatim sebanyak 200 ribu ekor benih ikan untuk Waduk Pacal dan Bendungan Gerak. [lus/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar