Peristiwa

Dishub Akan Pasang 3 Titik ATCS di Kota Kepanjen

Malang (beritajatim.com) – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Malang berencana memasang Area Trafic Control System (ATCS) di sejumlah titik di Kabupaten Malang. Hal itu seiring meningkatnya kepadatan arus lalu lintas di Kabupaten Malang.

Rencananya, ATCS tersebut akan dipasang di tiga titik. Yakni di simpang empat Kepanjen, simpang tiga Jalan Panji dan simpang empat Talangagung Kecamatan Kepanjen.

“Karena yang kami lihat, arusnya padat itu kan di tiga titik itu,” ungkap Kepala Dishub Kabupaten Malang, Hafi Lutfi, Senin (14/12/2020).

Sementara untuk biayanya, pemasangan ATCS di tiga titik tersebut, Dishub Kabupaten Malang menyiapkan anggaran sekitar Rp 1,2 Miliar. Dan bersumber pada APBD tahun anggaran 2021.

“Insya Alloh tahun 2021 ini akan direalisasikan. Itu sudah sama control roomnya. Dan memang untuk titik yang sudah ada trafic lightnya. Karena kalau sepaket dengan trafic lightnya, masih ada keterbatasan anggaran. Dan masih belum semua persimpangan di Kabupaten Malang ini ada trafic lightnya,” tegas pria yang akrab disapa Lutfi ini.

Selain pemasangan ATCS tersebut, nantinya juga sudah bisa terintegrasi dengan beberapa ATCS yang sebelumnya sudah terpasang di beberapa titik wilayah Malang Raya.

Seperti di exit tol Malang Pandaan (Mapan), Karanglo, Kecamatan Singosari. Dan beberapa titik ATCS yang juga sudah terpasang di Kota Malang.

“Harapannya memang bisa terintegrasi. Karena baik Kabupaten Malang, Kota Malang maupun Kota Batu itu memang dalam satu jaringan. Dan Kabupaten Malang ada di bagian terluar Malang Raya. Selain untuk mengurai kemacetan, durasi waktunya kan juga bisa lebih disesuaikan. Selanjutnya juga misalnya ada tamu negara, kan juga baik untuk memantau kepadatan arus lalu lintas,” pungkasnya. [yog/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar