Peristiwa

Disetop di Posko Penyekatan, Warga Lumajang Sesak Napas dan Lemas

Seorang warga mendadak sesak napas dan lemas saat disetop di posko penyekatan Jelbuk Jember. [foto: istimewa]

Jember (beritajatim.com) – Selama dua hari masa liburan lebaran terjadi dua insiden di Kecamatan Jelbuk, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Semua dirawat di posko Palang Merah Indonesia.

Insiden pertama terjadi di dekat Pos Penyekatan di Balai Desa Suger Kidul, Jumat (14/5/2021). Saat itu terjadi kecelakaan lalu lintas di dekat pos penyekatan, yang membuat tim PMI yang tediri dari Afrizal dan Wahid langsung memberikan pertolongan pertama kepada korban.

Insiden kedua terjadi di pos, Sabtu (15/5/2021) siang. Saat itu, petugas menghentikan salah satu mobil bernopol AD dan meminta sang sopir keluar untuk ditanya soal tujuan perjalanannya. Belakangan diketahui jika sang sopir adalah warga Kabupaten Lumajang.

“Dia mengatakan baru melayat dari Bondowoso dan hendak ke Desa Suger, rumah salah satu saudara,” kata Hidayaturahman, relawan PMI Jember. Petugas kemudian mempersilakannya melanjutkan perjalanan.

Namun, saat hendak masuk mobil, pria tersebut langsung jatuh dan pingsan. “Kami langsung melakukan evakuasi ke posko kesehatan. Berhubung korban jatuh dan warna kulitnya pucat serta mengalami sesak napas, kami bantu dengan menggunakan oksigen,” kata Hidayaturrahman.

Petugas juga memeriksa suhu badan dan tensi darahnya. “Setelah diberi perawatan dan dibantu dengan oksigen, setelah lima sampai sepuluh menit, korban sudah bisa berdiri. Setelah dibawa ke ruang kesehatan dia sadar,” kata Hidayaturrahman. [wir/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar