Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Disengat Tawon Vespa, Seorang Warga Turi Lamongan Dilarikan ke RS

Petugas Damkar Lamongan saat mengevakuasi dua sarang tawon jenis Vespa Affinis di Desa/Kecamatan Turi, Lamongan.

Lamongan (beritajatim.com) – Untung (69), warga RT 01 RW 01 Desa/Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan, harus dilarikan ke RS Muhammadiyah Lamongan (RSML) setelah disengat tawon jenis Vespa Affinis atau tawon ndhas. Kini, ia menjalani rawat inap di RS setempat.

“Korban dilarikan di RSML. Kejadian disengat tawonnya pada sekitar 09.25 WIB, hari Selasa 25 Januari 2022 kemarin,” kata Kabid Damkar Lamongan, Amrih kepada wartawan Rabu (26/1/2022).

Amrih menjelaskan, awalnya korban saat itu sedang berjalan kaki melintas di pinggir jalan raya Turi, Desa/Kecamatan Turi pada pagi itu. Tanpa diduga, anak-anak di lingkungan setempat melempari sarang tawon Vespa berukuran besar yang berada di pohon bambu dengan batu.

Lantaran sarang tawon itu terkoyak akibat lemparan tersebut, akhirnya tawon berhamburan. Korban yang tidak siap dan tak mengenakan pengaman pun langsung diserang dan disengat oleh tawon di beberapa bagian tubuhnya.

Setelah insiden itu, korban lalu mengalami luka bengkak pada tubuhnya dan merasakan demam. Kemudian pihak keluarga segera membawanya ke RS dan dirawat inap. “Dari informasi terakhir yang didapataan, saat ini kondisi korban semakin membaik,” imbuh Amrih.

Tak berselang lama, mendengar kejadian yang dialami oleh warga tersebut, Kasi Trantib Kecamatan Turi, Kasmin, akhirnya melaporkan peristiwa itu ke Petugas Damkar Lamongan. “Kami mendapat laporan dari Bapak Kasmin, Kasi Trantib Kecamatan Turi sekira pukul 10.10 WIB, dan meminta petugas untuk mengevakuasi sarang tawon jenis Vespa afininis tersebut,” terangnya.

Lebih lanjut, Amri menyebut, petugas Damkar melakukan evakuasi 2 (dua) sarang tawon jenis Vespa Affinis yang masing-masing berada di atap rumah milik Senin, warga desa setempat dan di pohon bambu di pinggir jalan raya Turi, Desa/Kecamatan Turi.

Ditambahkan Amrih, pihaknya menerjunkan 4 petugas dari PMK Korwil Lamongan dan 1 unit armada. “Untuk mempermudah proses evakuasi, akhirnya petugas Damkar melakukannya di malam hari. Alhamdulillah evakuasi yang berlansung mulai dari pukul 19.10 WIB sampai 21.10 WIB, berjalan lancar dan aman,” pungkasnya.[riq/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar