Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Disparbud Luruskan Info Pengambilan Satwa Waduk Gondang Lamongan

Lamongan (beritajatim.com) – Beredar kabar bahwa koleksi satwa di Waduk Gondang Lamongan telah diambil oleh BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam). Pengambilan itu, diduga karena kandang dan tenaga perawat hewan setempat dinilai tak memenuhi syarat standar kelayakan.

Menanggapi kabar tersebut, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lamongan, Rubikah menyampaikan bahwa pengambilan satwa yang menjadi koleksi Waduk Gondang itu bukan dilakukan baru-baru saja atau tahun ini, namun sudah pada tahun 2020 lalu.

Oleh karenanya, Rubikah mengkritisi tentang kabar sebelumnya yang tidak menyebutkan pengambilan atau penertiban itu dilakukan pada 2020. Sehingga, dalam kabar itu juga terkesan jika pengambilan satwa baru dilakukan pada saat ini.

00

“Kejadian pengambilan satwa koleksi oleh BKSDA itu sebenarnya sudah pada tahun 2020 lalu,” ujar Siti Rubikah kepada wartawan, Minggu (3/7/2022).

Tak cukup itu, Rubikah juga menepis kabar yang menyebut bahwa Waduk Gondang dinilai tak layak dan tak memenuhi standar sehingga harus ditertibkan. Padahal, kata Rubikah, penertiban itu dilakukan memang karena agenda dari BKSDA.

“Bahwa semua hewan yang dilindungi harus ditangani khusus oleh tenaga yang memiliki sertifikasi dan keahlian mengenai satwa,” terangnya.

Lebih lanjut, Rubikah mengungkapkan, tak semua hewan diambil oleh BKSDA. Pasalnya, saat ini sejumlah satwa lain masih tetap ada sebagai salah satu wahana di Waduk Gondang, di antaranya ular, kera jawa, burung lovebird, burung dara dan ayam mutiara.

“Sedangkan koleksi satwa yang diambil-alih penanganannya oleh BKSDA yakni buaya, burung unta, kijang, merak, owa-owa, landak, ular, beruk, burung elang dan burung kasuari,” sebutnya.

Rubikah juga menegaskan, pihak Disparbud Lamongan terus berkomitmen untuk mengembangkan bagaimana Waduk Gondang bisa menjadi lebih baik dan cantik ke depannya.

“Disparbud Lamongan sebagai pihak yang menaungi kawasan wisata Waduk Gondang tetap berkomitmen untuk terus memperbaiki dan mempercantik kawasan Waduk Gondang sebagai salah satu destinasi wisata yang ikonik di Lamongan,” tegas Rubikah. [riq/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar