Peristiwa

Disapu Banjir Bandang, Jembatan Putus dan Sejumlah Rumah Rusak

Kondisi jembatan yang amblas di Desa Banjaragung, Kecamatan Bareng, Jombang, Selasa (2/2/2021)

Jombang (beritajatim.com) – Banjir bandang menerjang Desa Banjaragung, Kecamatan Bareng, Jombang. Akibatnya, jembatan yang ada du desa tersebut putus dan sejumlah rumah warga rusak. Pada Selasa (2/2/2021) pagi, warga melakukan kerja bakti membersihkan sisa bencana.

Perangkat Desa Banjaragung Prastyanto menjelaskan, banjir bandang di desanya terjadi pada Senin (1/2/2021) malam. Awalnya, hujan deras mengguyur wilayah Bareng, Wonosalam, dan sekitarnya. Hujan yang jatuh dari langit juga berlangsung cukup lama.

Nah, selepas isya, arus sungi bergemuruh. Arusnya cukup deras dan bercampur lumpur serta materal kayu. Karena kuatnya arus tersebut, jembatan yang ada di desa tersebut ambrol. “Material lumpur dan kayu dari atas (Wonosalam). Karena hujannya deras dan sangat lama,” katanya.

Sampah dan material kayu tersebut menyumbat mulut jembatan. Sudah begitu, arus air bercampur lumpur juga sangat kuat. “Akhirnya jembatan ambrol. Air juga meluap. Semalam listrik juga padam. Sehingga kita tidak bisa berbuat banyak,” lanjut Prasetyanto.

Bukan hanya menghancurkan jembatan, banjir bandang juga merusak dapur rumah warga. Bedasarkan pendataan yang dilakukan pihak desa, ada tiga rumah yang rusak. Saat ini sudah dilakukan pembersihan.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun karena jembatan tidak bisa dilewati, mereka harus berputar sekitar 1 kilometer ketika hendak ke desa tetangga. Begitu juga warga yang hendak ke sawah, harus memutar lebih jauh dari jalur biasanya. [suf/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Resep Nasi Aladin Khas Timur Tengah

Resep Sup Kikil, Gurih dan Empuk

Sup Ikan, Menu Berbuka Puasa Bergizi Tinggi