Peristiwa

Disapu Angin Kencang, Pohon Beringin di Mojokerto Tumbang Tutup Jalan

Kondisi pohon beringin yang tumbang di Desa Tampungrejo, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto. [Foto: istimewa]

Mojokerto (beritajatim.com) – Hujan lebat disertai angin kencang juga terjadi di wilayah Desa Tampungrejo, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto. Akibatnya, pohon beringin berdiameter sekitar 100 cm roboh dan menimpa lampu penerangan jalan desa sehingga menutup jalan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini mengatakan, hujan lebat disertai angin kencang terjadi di beberapa wilayah di Kabupaten Mojokerto. “Selain di Mojosari, juga terjadi di Kecamatan Puri,” ungkapnya, Jumat (1/11/2019).

Masih kata Zaini, di Kecamatan Puri, hujan deras disertai angin kencang terjadi di Dusun Ketawang, Desa Tampungrejo. Akibatkan pohon jenis beringin berdiameter sekitar 100 cm roboh menimpa dan lampu penerangan jalan desa.

“TRC BPBD Kabupaten Mojokerto langsung menuju lokasi melakukan assessment sekaligus melakukan evakuasi pohon dibantu warga masyarakat. Sekira pukul 16.45 WIB, pohon beringin yang tumbang berhasil dievakuasi dan jalan kembali normal,” katanya.

Zaini menambahkan, pihaknya juga berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk melakukan perawatan. Yakni dengan melakukan pemotongan pohon, inventarisasi dan langkah-langkaj teknis sebelum kejadian pohon tumbang bertambah banyak.

“Karena saat musim pancaroba seperti saat ini, selalu dibarengi dengan angin kencang. Bahkan tidak jarang terjadi angin puting beliuang dengan kecepatan tinggi karena dua minggu yang lalu kecepatan angin 32 knot. Akibatnya pohon di ruas Canggar tumbang sebanyak 84 batang,” jelasnya. [tin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar