Peristiwa

Dirut RSUD dr Soetomo Ceritakan dr Agus Berencana Tangani 2 Kasus Kembar Siam

Alamrhum dr Agus Harianto, SpA (K)

Surabaya (beritajatim.com) – Dikenal sebagai seorang ahli yang banyak berkiprah dan mengabdikan dirinya untuk menangangi masalah bayi kembar siam, RSUD Dr Soetomo pun begitu kehilangan sosok dr Agus Harianto, SpA (K), yang berpulang ke Sang Pencipta, Sabtu (5/6/2021) pukul 03.00 dini hari.

Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soetomo Surabaya dr Joni Wahyuhadi SpBS (K) mengungkapkan dr Agus sebagai Ketua Tim Pusat Pelayanan Kembar Siam Terpadu merencanakan rujukan bagi dua kembar siam untuk ditangani rumah sakit setempat.

“Beliau sangat berjasa, operasi kembar siam yang ditangani beliau sudah banyak, 100 lebih. Ada dua (kembar siam) rencananya yang akan diurus lagi,” kata dr Joni di Surabaya, Sabtu.

Joni mengaku cukup terkejut dengan kabar berpulangnya dokter yang dikenal akrab dengan awak media tersebut. “Saya kaget, karena dua hari lalu masih sama saya. Kemungkinan jantung,” ujarnya.

Dikatakannya, dr Agus telah berkutat pada kembar siam sejak ia bergabung di RSUD dr Soetomo. Sehingga dr Agus bersama dr Poerwadi menjadi pioneer berbagai program kembar siam.

“Beliau seorang yang sangat berdedikasi, makanya saya secara pribadi maupun kelembagaan sangat kehilangan. Beliau yang tak henti-hentinya memajukan kembar siam sampai sekarang sudah punya yayasan kembar siam yang disupport bu gubernur,” tuturnya.

Dia menambahkan, dr Agus merupakan dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga. Selain itu juga tergabung dalam program dokter mitra di RSUD Dr Soetomo karena telah pensiun. [adg/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar