Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Dinkes Bangkalan dan RSUD Syamrabu Belanja Alkes Pakai Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau

Bangkalan (beritajatim.com) – Dinas Kesehatan serta Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Bangkalan belanja alat kesehatan dengan memanfaatkan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau. Tahun ini, Pemkab Bangkalan mendapat DBHBHT sebesar Rp20,7 miliar.

Bidang kesehatan mendapat alokasi terbanyak dari dana tersebut. Rinciannya, Dinkes mendapat Rp8.625.054.000, RSUD Syamrabu Rp 10 miliar, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Rp175 juta, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disnaker) Rp210 juta.

Kemudian Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Rp500 juta, Dinas Koperasi Usaha Mikro, Kecil Menengah (Diskop UMKM) Rp175 juta, Dinas Perdagangan Rp171.985.400 dan Sekretariat Daerah Rp862.814.600.

Direktur RSUD Syamrabu, dr Nunuk Kristiani mengatakan pihaknya berencana menggunakan dana tersebut untuk pengadaan alat kesehatan. Sehingga rumah sakit memiliki alat yang lengkap untuk melayani masyarakat.

“Akan digunakan untuk pengadaan alat kedokteran,” ujar Nunik, Rabu (25/5/2022).

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Bangkalan Sudiyo, mengatakan dana tersebut akan dimanfaatkan untuk belanja kebutuhan bidang kesehatan. Di antaranya pengadaan mobil ambulans, alat kesehatan, juga bahan medis habis pakai (BMPH).

“Peruntukannya di beberapa hal yakni kita akan alokasikan untuk mobil ambulance, alkes dan juga BMPH. Tentunya ini nanti akan kembali ke masyarakat dalam bentuk pelayanan kesehatan,” tandasnya. [sar/beq]


Apa Reaksi Anda?

Komentar