Peristiwa

Dinas Peternakan Sumenep Keliling Kecamatan Cek Kesehatan Hewan Kurban

Sumenep (beritajatim.com) – Menjelang Idul Adha, Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sumenep meningkatkan pemantauan kesehatan hewan ternak, terutama kambing dan sapi.

“Kami keliling ke pasar-pasar hewan di kecamatan-kecamatan untuk memeriksa kesehatan hewan, terutama hewan kurban. Itu sudah kami lakukan sejak pekan lalu,” kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan, drh. Zulfa, Sabtu (18/07/2020).

Selain di pasar hewan, lanjut Zulfa, pihaknya juga memantau kesehatan hewan di sejumlah tempat penjualan hewan kurban di Kecamatan Kota Sumenep.

“Ada empat lokasi penjualan hewan kurban di Kecamatan Kota Sumenep, yakni dua lokasi di Jl. Urip Sumoharjo, kemudian Jl. Lontar Pangarangan, dan Jl. Payudan Pabian,” ujarnya.

Menurutnya, dari hasil pantauan di lapangan, semua hewan kurban yang dijual dalam kondisi sehat. Baik sapi maupun kambing yang dijual di pasar-pasar dan tempat penjualan hewan kurban dadakan.

“Kami akan terus melakukan pengawasan terhadap kesehatan hewan kurban hingga hari ‘H’ Idul Adha,” ucapnya.

Ia menjelaskan, apabila nanti ditemukan ada hewan kurban yang terindikasi terkena penyakit, maka akan diberikan obat. Seluruh hewan kurban harus dipastikan dalam kondisi sehat sebelum disembelih.

“Masyarakat tidak perlu khawatir dengan kondisi hewan kurban yang akan disembelih, karena tim kami terus melakukan pemantauan kesehatan hewan kurban,” tandasnya. [tem/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar