Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Dikukuhkan Sebagai Warga Kehormatan Sesepuh Suku Tengger, Ini Kata Kapolres Probolinggo

Probolinggo (beritajatim.com) – Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi dikukuhkan sebagai warga kehormatan sesepuh suku tengger di Pendapa Agung Desa Ngadisari Kecamatan Sukapura pada, Rabu (15/6/2022) petang.

Pengukuhan tersebut diberikan saat kegiatan Resepsi Yadnya Kasada Kabupaten Probolinggo tahun 2022.

Selain Kapolres Probolinggp, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Kajati Jatim, Mia Amiati, dan Forkopimda Probolinggo, juga turut dikukuhkan sebagai sesepuh suku Tengger.

Sebelum acara pengukuhan, para pejabat terlebih dulu disuguhi tarian adat masyarakat Tengger “Kidung Widodaren”.

Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi menjelaskan, Hari Raya Yadnya Kasada Suku Tengger di Kawasan Gunung Bromo Tengger Semeru, merupakan perayaan hari besar dan upacara peribadatan bagi umat Hindu Tengger.

“Yadnya kasada yang sudah dilakukan sejak berabad-abad dan turun temurun ini sebagai warisan budaya peninggalan leluhur yang harus dijaga dengan baik,” katanya.

Lebih lanjut, ia menambahkan, bahwa Kepolisian menjamin kenyamanan seluruh masyarakat Indonesia dalam menjalankan ibadah sesuai agama dan kepercayaan masing-masing serta menjaga kearifan budaya lokal.

“Oleh karenanya, menjaga budaya berarti menjaga martabat bangsa karena budaya adalah bagian dari jati diri bangĀ­sa,” ucapnya.

“Semoga dengan perayaan Yadnya Kasada ini seluruh umat dapat bertoleransi antar umat beragama sehingga dapat hidup dengan damai, rukun, bahagia, dan sejahtera,” pungkas Arsya. (tr/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar