Peristiwa

Dikawal Ketat Polisi, 41 Pasangan Lakukan Akad Nikah di ‘Malem Songo’

Kedua mempelai dan petugas KUA Sumberrejo melangsungkan Akad Nikah di Malem Songo dengan penjagaan petugas kepolisian

Bojonegoro (beritajatim.com) – Ada 41 pasangan yang melaksanakan akad nikah pada malem songo atau di malam 29 Ramadan. Dalam pelaksanaan akad tersebut mendapat penjagaan dari aparat kepolisian.

Selain itu, bagi pasangan yang akan melepas masa lajang melakukan akad nikah di tempat yang sudah ditetapkan oleh Kantor Urusan Agama (KUA) masing-masing daerah, serta tidak melibatkan banyak orang.

Kapolsek Sumberrejo AKP Imam Khanafi mengatakan, malam 29 Ramadan memang diyakini sebagai hari baik untuk melangsungkan pernikahan. Di KUA Kecamatan Sumberrejo ada 41 pasangan yang akan melangsungkan akad nikah.

Untuk meminimalisir penularan Covid-19 yang terjadi saat ini, Polsek Sumberrejo koordinasi dengan KUA Kecamatan Sumberrejo untuk pelaksanaan akad dibagi menjadi dua tempat, yakni di Balai Desa Sumuragung dan Balai Desa Mlinjeng.

“Polsek Sumberrejo lakukan pengamanan akad nikah di dua titik tersebut,” kata Kapolsek Sumberrejo Imam Khanafi, Jumat (22/5/2020).

Pengamanan dilakukan untuk memperhatikan aturan pemerintah yakni protokol kesehatan. Setiap pasangan pengantin tetap menggunakan masker, tidak diperkenankan membawa keluarga atau kerabat dalam akad nikah, yang diperbolehkan hanya wali nikah dari ke dua mempelai.

“Untuk menghindari kerumunan tetap memperhatikan physical distancing atau social distancing untuk meminimalisir penyebaran virus,” terangnya.

Sementara Kepala KUA Kecamatan Sumberrejo Masbukhin Elya mengatakan pelayanan pencatatan nikah di KUA selama masa pandemi Covid-19 harus mematuhi protokol kesehatan. Pemerintah memberikan otoritas kepada Kepala KUA guna mengatur pelaksanaan pencatatan nikah.

“Kepala KUA diberi otoritas untuk mengatur dan mengendalikan pelaksanaan akad nikah sesuai dengan kebijakan pemerintah di masa darurat pandemi wabah virus corona ini,” ujar Masbukhin Elya. [lus/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar