Peristiwa

Dihantam Ombak, Kapal Angkut Bahan Bangunan Kandas di Perairan Masalembu

Sumenep (beritajatim.com) – Sebuah kecelakaan laut terjadi di Perairan Masalembu, Kabupaten Sumenep. Kapal yang mengangkut bahan bangunan dan barang kelontong kandas setelah menabrak karang.

“KM DJO ini kandas di Perairan Masalembu, masuk Dusun Baru, Desa Masalima Kecamatan/ Pulau Masalembu,” kata Kasubag Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti, Minggu (26/7/2020).

Peristiwa itu berawal ketika kapal yang dinahkodai Kapten Anut Anggawian dengan kapasitas muatan 650 ton pada Jumat (24/7/2020) berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dengan tujuan Pelabuhan Malinau Kalimantan Timur. Memasuki perairan laut Masalembu sebelah selatan sekitar jam 22.15 wib, kapal dihantam angin dan ombak besar.

“Akibatnya kapal terhempas dan hanyut menabrak batu karang. Kapal pun bocor di bagian haluan depan lambung kapal. Saat ini posisi kapal kandas diatas batu Karang,” ungkap Widiarti.

Dalam musibah laut tersebut, nahkoda dan 13 ABK kapal semuanya selamat. ABK baru bisa di evakuasi ke darat pada hari Sabtu (25/7/2020) oleh Syahbandar dibantu perahu nelayan. Sebanyak 9 ABK dibawa ke Kantor Syahbandar Masalembu dan 7 ABK bertahan di kapal untuk menjaga kapal dan barang muatannya.

“Barang muatan kapal dievakuasi ke pinggir pantai dengan menggunakan 3 perahu nelayan. Kerugian material masih belum bisa ditentukan,” ujarnya.

Saat ini anggota dari Syahbandar, Polsek Masalembu, dan Koramil Masalembu melakukan penjagaan di Kapal KM. DJO no. 3 yang lokasi nya berjarak sekitar 2 mil dari bibir pantai. [tem/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar