Peristiwa

Diguncang Gempa, Pengunjung Sunrise Mall Kota Mojokerto Panik dan Berhamburan Keluar

Mojokerto (beritajatim.com) – Gempa berkekuatan 6,7 sr dengan pusat gempa di Malang, juga dirasakan di Mojokerto. Ribuan pengunjung Sunrise Mall Kota Mojokerto panik dan berhamburan keluar mall saat gempa terjadi pada, Sabtu (10/4/2021) sekitar 14.00 WIB.

Video kepanikan pengunjung Sunrise Mall Kota Mojokerto tersebut pun dengan cepat menyebar ke media sosial (medsos). Beruntung, setelah dilakukan pengecekan di sejumlah toko tidak terjadi kerusakan. Hanya pengunjung yang panik dan ingin cepat keluar mall.

Chief Marketing Sunrise Mall, Andyanto Vino mengatakan, kondisi Sunrise Mall terjadi pasca gempa manajemen sudah melakukan beberapa upaya antisipatif. “Memang pada saat kejadian kepanikan tapi hanya sekitar 10 menit an, namun tidak berlangsung lama. Kami sudah lakukan antisipasi,” ungkapnya.

Masih kata Vino, manajemen Sunrise Mall selama ini sudah melakukan training saat terjadi kejadian. Seperti gempa bumi dan kebakaran. Antisipasi tersebut sudah dilakukan saat gempa terjadi sekira pukul 14.00 WIB, sehingga manajemen dan security langsung dilakukan.

“Beruntung teman-teman manajemen dan security melakukan himbauan kepada para pengunjung untuk tetap tenang, tidak bergerombol karena orang-orang pada panik semua. Yang paling terasa di lantai II, setelah kami lakukan investigasi kondisi secara struktur aman,” katanya.

Vino menjelaskan, kondisi bangunan mall satu-satunya di Kota Mojokerto ini tidak terjadi keretakan. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan chief engineering tidak terjadi kerusakan pada struktur bangunan mall. Termasuk barang-barang di dalam toko, tidak ada kerusakan apapun.

“Semua dalam kondisi zero eccident, di tenant juga kita lagi investigasi juga tidak terjadi kerusakan apapun. Kita bersyukur tapi memang masyarakat waktu itu panik, jadi semua minta prioritas untuk cepat keluar. Kami juga sudah melakukan langkah antisipasi, seperti eskalator kita matikan,” ujarnya.

Sementara pintu kaca otomatis dimatikan dan dibuka. Hal tersebut merupakan Standar Operasional Prosedur (SOP) dari Sunrise Mall Kota Mojokerto saat terjadi gempa bumi dan kebakaran. Saat ini, kondisi mall sudah kembali normal. Diakui saat weekend memang pengunjung Sunrise Mall mengalami peningkatan.

“Cukup banyak pengunjung, karena ini di luar prediksi kami. Kebetulan Sabtu memang traffic kami cukup besar, biasanya ada sekitar 14 ribuan traffic yang masuk di hari Sabtu dan Minggu. Dan kebetulan ini tadi cukup ramai, mungkin beda cerita saat hari biasa. Mungkin akan beda penangganannya,” tegasnya. [tin/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar