Peristiwa

Digugat ‘Malang Jejeg’, KPU Kabupaten Malang Merasa Sudah Lakukan Verifikasi

Ketua KPU Kabupaten Malang, Anis Suhartini

Malang (beritajatim.com) = Ketua KPU Kabupaten Malang, Anis Suhartini mengaku, tidak melakukan pembiaran terkait verifikasi dukungan bagi Calon Perseorangan ‘Malang Jejeg’.

“Kami tidak melakukan pembiaran. Karena dilevel bawah atau desa, PPS dan LO serta PKD selalu ada koordinasi terkait kapan jadwal verifikasi dilakukan. Titiknya dimana, mereka selalu koordinasi. Kalaupun tidak ada verifikasi, itu karena PPS tidak ada undangan,” tegas Anis, Sabtu (22/8/2020) dini hari, usai Rapat Pleno Terbuka Verifikasi Faktual Syarat Dukungan bagi Paslon Perseorangan di Ruang Paripurna DPRD Kabupaten Malang.

Anis membeberkan, prinsipnya dalam rapat pleno terbuka berjalan lancar. Hasil dari rekapitulasi syarat dukungan, pasangan perseorangan Heri Cahyono dan Gunadi Handoko, sebanyak 115 ribu lebih.

“Maka syarat dukungan minimal 129.796 tidak terpenuhi, paslon perseorangan tidak memenuhi syarat untuk mendaftar. Karena mereka menolak, ya bisa menempuh mekanisme hukum yang sudah menjadi haknya,” ujar Anis.

Pada prinsipnya, lanjut Anis, verifikasi perbaikan oleh paslon perseorangan ada di LO. “Yang berhak menghadirkan ada di LO. Kami hanya memverifikasi saja. Kalaupun belum ada yang diverifikasi, itu kan berarti tidak memenuhi syarat,” papar Anis.

Ia menambahkan, soal sanding data hingga memakan waktu cukup lama, tidak merubah hasil apapun. “Sanding data ini harusnya sudah selesai ditingkat bawah antara LO, Bawaslu dan PPS. Soal gugatan hukum, prosesnya belum selesai bagi mereka. Dan itu haknya, prosesnya nanti ditujukan ke Bawaslu,” Anis mengakhiri. (yog/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar