Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Diduga Rapuh Karena Rayap, Rumah di Kalikedinding Surabaya Roboh

Rekan Cipta Karya dan BPB dan Linmas saat mengevakuasi rumah roboh akibat rayap di Kalikedinding, Kenjeran, Surabaya, Selasa (16/11/2021).(Foto/Istimewa).

Surabaya (beritajatim.com) – Petugas Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPB Linmas) Surabaya bersama Rekan Cipta Karya mengevakuasi dan membersihkan puing-puing bagian bangunan rumah yang roboh di Jl. Pogot Baru No. 04 RT/RW 01/06, tanah Kalikedinding, Kenjeran pada Selasa (16/11/2021) pukul 9.15 WIB.

Kepala BPB Linmas Surabaya Irvan Widyanto mengatakan diduga kuat penyebab robohnya rumah tersebut karena rayap. “Penyebabnya atap rumah dari kayu yang keropos akibat dimakan rayap,” katanya saat dikonfirmasi.

Irvan mengatakan kejadian berawal sekitar pukul 04.20 WIB pagi tadi, setelah solat subuh pemilik rumah mendengar suara retakan kayu dari atap rumah.

Lalu, selang beberapa menit langsung terdengar suara gemuruh dan material pada atap rumah berjatuhan yang mengakibatkan penghuni panik dan lari keluar rumah. “Beruntung, tidak ada korban luka maupun jiwa dalam kejadian ini,” ucapnya.

 

Rekan Cipta Karya dan BPB dan Linmas saat mengevakuasi rumah roboh akibat rayap di Kalikedinding, Kenjeran, Surabaya, Selasa (16/11/2021).(Foto/Istimewa).

Pihaknya langsung melakukan pengamanan lokasi dan pendataan dan memastikan, pemilik rumah bernama Ponimah (55) beserta ketiga anaknya telah mendapatkan tempat penampungan sementara.

“Rencana pihak keluarga akan bertempat tinggal sementara di rumah tetangga jl Karya Bhakti No. 02, kurang lebiih 100 meter dari tempat kejadian,” katanya.

BPB dan Linmas juga memberikan bantuan berupa paket sembako, terpal sekaligus pemasangan dan permakanan 3x sehari selama 7 hari.

“Saat ini Rekan Cipta Karya dan BPB dan Linmas melakukan pembersihan atap yg membahayakan sampai dianggap aman,” tandasnya.(asg/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar