Peristiwa

Diduga Limbah Cemari Sawah, Warga Wonoayu Demo Pabrik Kertas

Sidoarjo (beritajatim.com) – Sekitar 20 petani gogol Dusun Nyamplung Desa Wonokalang Kecamatan Wonoayu beramai-ramai mendatangi pabrik PT Domino Makmur Plastindo, Jumat (14/2/2020).

Aksi warga itu dipicu dugaan saluran limbah pabrik kertas itu mencemari sawah warga. Warga meminta pihak perusahaan menutup saluran karena air dugaan berasal dari limbah itu mengakibatkan badan gatal-gatal.

“Para petani meminta saluran air dari pabrik yang diduga limbah itu, untuk ditutup. Bau air dari saluran pabrik itu tidak enak dan membuat badan gatal-gatal,” kata H. Sholeh, salah satu perwakilan petani Gogol.

Para demonstran yang mendatangi perusahaan difasilitasi oleh Joko Pitoyo, selaku Pj Kades Wonokalang. Perwakilan warga diterima manager perusahaan PT Domino makmur Plastindo Wonoayu.

Yuko management perusahaan menandaskan, perusahaannya berusaha mematuhi kesepakatan dan siap menampung aspirasi dari petani. Perusahaannya juga akan menunjukkan hasil laboratorium dari limbah tersebut. “Management akan menyelesaikan permasalahan ini dan atau akan menutup dampak limbah dari produksi,” janji dia.

Usai pertemuan, management perusahaan menunjukkan bak penampungan air dari produksi maupun dari buangan lainnya. Pihak perusahaan juga memerintahkan tukang di perusahaan menutup saluran air dari produksi yang mengalir ke saluran Dusun Nyamplung disaksikan perwakilan petani Gogol. (isa/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar