Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Diduga Kebakaran Pabrik Mebel di Mojokerto Karena Percikan Api dari Alat Pemotong Besi

Kebakaran di pabrik meubel CV Alseason Furniture yang terletak di Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto.

Mojokerto (beritajatim.com) – Kebakaran di pabrik mebel CV Alseason Furniture yang terletak di Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto diduga karena percikan api dari alat pemotong besi. Ada delapan unit mobil pemadam kebakaran (PMK) yang diterjunkan ke lokasi kebakaran.

“Tadi saya menerima telepon sekitar pukul 11.00 WIB dari Pos Mojosari jika terjadi kebakaran di Desa Wonokusumo. Api membakar seluruh isi pabrik, kesulitan kami adalah akses jalan. Pintu masuk sangat kecil,” katanya komandan regu PMK BPBD Kabupaten Mojokerto, Sukamto, Senin (26/9/2022).

Selain itu, akses jalan menuju ke dalam gedung tidak ada. Sehingga pihak meminta izin kepada pihak desa setempat dan pihak kepolisian untuk membobol tembok agar petugas bisa masuk dan melakukan proses pemadaman apa.

“Kurang lebih ada 8 unit yang diturunkan, dari kabupaten 5 unit, Kota Mojokerto 2 unit, PMK Gama. Petugas berusaha untuk memadamkan api agar tidak sampai menjalar ke tempat lain. Sebelah sini, isi mebel. Kami masih berusaha melakukan pendinginan pasca pemadaman,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolsek Mojosari, Kompol Heru Purwandi mengatakan, penyebab kebakaran diduga adanya percikan api dari alat pemotong besi yang mengenai gabus tempat peredam suara yang ada di tembok. Sehingga api langsung membesar dan membakar isi pabrik.

“Sekitar pukul 11.00 WIB salah satu pekerja melakukan pengelasan yang percikannya mengenai peredam yang terbuat dari sterofom. Itu awalnya. Ada sebanyak 8 unit mobil PMK diterjunkan ke lokasi, sekitar pukul 12.45 WIB api dapat dijinakkan,” terangnya.

Proses pendinginan masih dilakukan sehingga pihaknya belum bisa menghitung kerugian yang dialami pemilik akibat kebakaran tersebut.

Sebelumnya, kebakaran terjadi di sebuah pabrik mebel CV Alseason Furniture yang terletak di Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto, Senin (26/9/2022). Asap hitam pekat membumbung di langit pemukiman padat penduduk.

Akibatnya, kebakaran tersebut membuat warga sekitar panik. Sejumlah mobil pemadam kebakaran (PMK) diterjunkan ke lokasi kebakaran. Namun karena akses menuju lokasi pabrik berada di gang sempit, sehijgga warga inisiatif menjebol tembok pabrik.

Puluhan warga melakukan pemadaman mandiri dengan menggunakan ember. Ini dilakukan lantaran lokasi pabrik yang berada diantara pemukiman padat penduduk. Warga khawatir api merembet ke rumah warga menyusul material di dalam pabrik yang mudah terbakar. [tin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar