Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Diduga Akibat Curah Hujan Tinggi, TPT di Sugio Lamongan Longsor

Hasil tangkapan layar video longsornya TPT tang berada di Desa/Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan.

Lamongan (beritajatim.com) – Tembok Penahan Tanah (TPT) di Desa/Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan mengalami kelongsoran. Diduga hal itu diakibatkan oleh derasnya guyuran hujan yang tengah melanda kawasan tersebut.

Dari informasi yang dihimpun, longsornya bangunan TPT yang berada tepat di depan alun-alun desa Sugio dan memiliki panjang kurang lebih 200 meter ini terjadi di 2 titik dengan panjang sekitar 9 meter dan kedalaman longsor sekitar 3 meter.

“Iya mas, TPT atau plengsengan ini longsor pada Minggu petang kemarin (17/10/2021),” kata Kepala Desa Sugio, Rochim saat dikonfirmasi wartawan, pada Senin (18/10/2021) hari ini.

Lebih lanjut, Rochim menuturkan, terkait penyebab longsornya TPT ini diduga karena adanya hujan deras selama beberapa jam yang melanda kawasan Sugio. Menurutnya, TPT tersebut merupakan bangunan lama yang sudah berusia sekitar 10 tahun, yang kemudian di bagian atas TPT lama ini ditambah TPT baru yang masih berumur sekitar 2 bulan.

“Ini merupakan TPT lama yang sudah berusia 10 tahun, namun ditambah lagi bangunan TPT baru agar seimbang dengan posisi jalan. Penyebab longsornya adalah karena hujan deras,” terangnya.

Kejadian longsornya TPT ini, bahkan sempat terekam kamera warga yang kebetulan sedang berada di sekitar lokasi. Lalu, video yang berdurasi 23 detik itu kemudian diunggah oleh warga dan beredar di media sosial. “Untungnya, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” sambung Rochim.

Sementara itu, Petugas PU Bina Marga Lamongan, Hamzah yang meninjau ke lokasi longsornya TPT tersebut menjelaskan, bahwa longsornya TPT ini dikarenakan tingginya curah hujan yang terjadi.

Hamzah menambahkan, pihaknya akan segera memperbaiki TPT yang longsor ini agar patahan longsoran tersebut tidak semakin melebar. “Ya, karena curah hujan yang tinggi sehingga TPT tidak kuat menampung air dan kemudian longsor,” tandasnya.[riq/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar