Peristiwa

Di Tengah Pandemi Covid-19, Peserta Demo Buruh HSI Diarahkan Pulang

Sidoarjo (beritajatim.com) – Demonstrasi ratusan buruh PT Hair Star Indonesia di tengah pandemi virus corona, mendapat tanggapan dari aparat kepolisian.

Kapolresta Sidoarjo Kombespol Sumardji bersama Kabag Ops Polresta Sidoarjo Kompol Mujito dan Kapolsek Gedangan Kompol Heri Siswoko mendatangi lokasi aksi yang berjajar, bergerombol di sepanjang jalan depan perusahaan PT HSI.

Kombespol Sumardji menghimbau kepada ratusan demonstran untuk tertib tidak melakukan aksi yang sudah menjadi larangan bergerombol di tengah pandemi Covid-19 ini.

Pendekatan dan pengarahan dilakukan oleh Kombespol Sumardji beserta jajarannya. Para buruh diminta untuk tidak beraksi di sepanjang depan perusahaan, melainkan untuk masuk ke halaman perusahaan mendengarkan pengarahan yang diberikan.

“Sekarang ini perkembangan merebaknya Covid-19 di Sidoarjo sudah sangat cepat penularannya dan banyak yang sudah menjadi ODP, PDP dan positif Covid-19. Saya minta aksi berkumpulnya massa ini dihentikan dan pulang ke rumah masing-masing,” anjur Sumardji melalui pengerasi suara Rabu (1/4/2020).

Penyebab menyebarnya Covid-19, tambah dia, banyak faktor. Disebabkan karena berjabatan tangan, komunikasi yang dekat antar sesama sampai tidak ada jarak dan lain sebagainya. Maka dari itu, semua tidak ada yang tahu siapa yang terpapar dalam Covid-19. Semua yang ada disini bisa menjadi ancaman bisa kena virus corona.

“Saya minta untuk sedianya pulang ke rumah masing-masing. Urusan tuntutan dan perundingan, serahkan kepada perwakilan serikat buruh. Percayakan kepada orang yang kalian perwakilan dalam membela hak buruh. Kami juga akan menjembatani dengan perusahaan soal aksi ini,” tambah Sumardji menghimbau lagi.

Setelah dilakukan pendekatan dan pemahaman soal kondisi saat ini atas pandemi corona virus, ratusan buruh akhirnya mendengarkan arahan dan buruh memilih untuk membubarkan diri dan pulang ke rumah masing-masing. (isa/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar