Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Di Sumenep, Menparekraf Sandiaga Uno Usul Wedang Pokak Jadi ‘Welcome Drink’

Menparekraf Sandiaga Uno saat kunjungan ke Sumenep (foto : Temmy)

Sumenep (beritajatim.com) – Saat berkunjung ke Sumenep, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno sempat mencicipi makanan dan minuman khas Sumenep. Salah satu yang menarik perhatiannya adalah ‘wedang pokak’. “Minuman ini rasanya enak sekali. Sensasinya luar biasa,” ucap Sandi saat meneguk wedang pokak.

Wedang Pokak adalah salah satu minuman herbal khas Sumenep. Rasa jahe yang cukup kental, ditambah aroma berbagai rempah-rempah, dipadukan dengan manis alaminya gula merah, memang membuat minuman yang satu ini benar-benar menyegarkan.

Ada dua macam pokak yang dikenal di Sumenep, yakni Pokak Saripah dan Pokak Keraton. Dulu, minuman ini khusus dibuat untuk menjamu tamu-tamu kehormatan. Bahan utama minuman ini adalah jahe dan gula merah. Dilengkapi dengan rempah-rempah seperti cengkeh, pala, serai, dan merica, cukup membuat minuman ini bisa menghangatkan tubuh.

Bagi Sandiaga Uno, wedang pokak sangat layak menjadi branding khas Sumenep yang punya nilai jual. Bahkan sangat pantas jadi ‘welcome drink’ bagi tamu-tamu yang berkunjung ke Sumenep.

“Pokak saripah maupun pokak keraton, saya sudah rasakan semuanya, sama-sama enak. Mau hangat, mau dingin, tidak mengurangi kenikmatan minuman ini. Sangat layak jadi welcome drink,” ucapnya.

Sandiaga S. Uno berada di Sumenep pada Selasa (24/05/2022) untuk peletakan batu pertama pembangunan Rumah kemasan bagi pelaku UMKM. Rumah kemasan yang memiliki fasilitas Halal HUB itu dibangun di Taman Tajamara Sumenep. “Wedang pokak ini tinggal packagingnya saja yang dibenahi. Nanti bisa dibantu dengan adanya rumah kemasan bagi UMKM,” ujarnya.

Dalam lawatan ke Sumenep, selain meresmikan Rumah Kemasam UMKM Halal HUB, Sandiaga Uno juga menghadiri Workshop Pengembangan Kab/Kota Kreatif. Selain itu, ia juga mengunjungi Desa Wisata Keris Aeng Tong-tong. [tem/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar