Peristiwa

Deteksi Cuaca Tak Normal, BMKG Gandeng PT DLU untuk Keselamatan Pelayaran

Surabaya (beritajatim.com) – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan PT Dharma Lautan Utama (DLU)  melakukan perjanjian kerja sama tentang Penempatan Peralatan Automatic Weather Station (AWS) serta Pemanfaatan Data Informasi Cuaca Maritim.

“Hal ini dalam rangka mendukung program voluntary observing ship (VOS) demi keselematan pelayaran,” kata Taufiq Hermawan, Kepala Stasiun Meteorologi Klas II Maritim Tanjung Perak Surabaya.

Owner dan Penasehat Utama PT DLU, Bambang Haryo Soekartono (BHS) menyambut positif kerja sama dengan BMKG tersebut.

“Pertama-tama saya ucapkan selamat datang dan terima kasih kepada bapak dan ibu dari BMKG yang telah hadir di kantor pusat kami PT. Dharma Lautan Utama untuk ceremonial penandatangan perjanjian tentang Penempatan Peralatan Automatic Weather Station (AWS) serta Pemanfaatan Data Informasi Cuaca Maritim,” ujar BHS.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang diberikan kepada PT Dharma Lautan Utama yang merupakan salah satu perusahaan swasta pelayaran untuk membantu dalam program tersebut, sehingga apa yang dijadikan harapan dan tujuan dari BMKG bisa terlaksanakan,” imbuhnya.

Selain itu, lanjut BHS, dengan kerja sama itu juga mendapatkan manfaat di saat kondisi cuaca yang tidak normal bisa terdeteksi lebih awal. Hal ini untuk meningkatkan kewaspadaan dalam pelayaran dan meminimalisir risiko yang kemungkinan terjadi saat pelayaran.

“Dan, program ini juga dapat membantu kepada perusahaan lain yang bisa mengupdate informasi cuaca terkini dalam kondisi apapun sehingga keselamatan pelayaran dapat berjalan dengan konsisten. Tentunya, juga dapat membantu perekonomian tetap tumbuh dengan merata di berbagai wilayah. Kami berharap semoga kerja sama ini berjalan dengan baik sebagaimana mestinya,” pungkasnya. (tok/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar