Peristiwa

Desa Pabian Produksi 2000 Masker Kain, Dibagi Gratis untuk Warga

Sumenep (beritajatatim.com) – Aksi peduli warga Desa Pabian, Kecamatan Kota Sumenep untuk mencegah penyebaran Covid-19 patut diacungi jempol. Dengan semangat gotong royong, mereka memproduksi sendiri masker kain untuk dibagikan gratis.

“Target kami dalam seminggu ini bisa memproduksi 2000 masker kain. Nantinya masker itu akan dibagikan secara gratis untuk warga Desa Pabian,” kata Kepala Desa Pabian, Zulfikar Ali Mustakim, Jumat (10/04/2020).

Ia menjelaskan, Desa Pabian telah memiliki relawan Covid-19 yang bertugas melakukan kegiatan pencegahan penyebaran wabah tersebut.

“Relawannya dari berbagai unsur. Selain perangkat desa, juga ibu-ibu PKK di desa. Jadi ibu-ibu ini yang menjahit sendiri masker kain,” terang Zulfikar.

Ia menjelaskan, dana untuk membuat masker kain tersebut berasal dari warga sendiri. Donasi tidak selalu harus berbentuk uang tunai. Masyarakat yang memiliki kain layak tetapi tidak dipakai, bisa diserahkan ke balai desa. “Nantinya tim relawan itu yang akan menyulap kain-kain dari warga menjadi masker. Ini memang semangatnya gotong-royong,” ujarnya.

Selain memproduksi masker kain, relawan Covid-19 Desa Pabian juga menyediakan sarana cuci tangan dengan sabun. Kemudian juga melakukan penyemprotan disinfektan. “Kegiatan tim relawan Covid-19 ini memang difokuskan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Ini bukti bahwa Pemerintah Desa Pabian peduli terhadap pandemik Covid-19,” tandasnya. (tem/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar