Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Demo Tolak Pengukuran Tanah Ricuh, Ketua PN Lamongan: Bukan Pengukuran, Tapi Pemeriksaan Objek Tanah

Unjuk rasa yang digelar warga Dateng, Kecamatan Laren, Lamongan hang berujung ricuh, Kamis (25/8/2022).

Lamongan (beritajatim.com) – Warga Dateng, Kecamatan Laren, Kabupaten Lamongan menggelar aksi unjuk rasa untuk menolak pengukuran tanah yang dilakukan oleh Badan Pertahanan Nasional (BPN) dan Pengadilan Negeri (PN) Lamongan, Kamis (25/8/2022).

Aksi tersebut berlangsung ricuh. Pasalnya, seorang pengacara dari pihak penggugat dikeroyok massa yang berunjuk rasa. Mereka mengaku kesal lantaran si pengacara diduga kerap memancing emosi warga dan sering sesumbar jika dirinya bisa memenangkan klien yang dibelanya.

Klien yang dimaksud adalah warga luar desa yang menjadi penggarap tambak di dalam kawasan waduk Jabung Ring Dike yang disengketakan oleh massa, seperti yang diberitakan sebelumnya.

Menanggapi hal ini, Ketua PN Lamongan, Masykur Hidayat mengatakan bahwa agenda Tim Majelis Hakim dan BPN Lamongan ke Desa Dateng tersebut bukan merupakan pengukuran, tapi pemeriksaan objek tanah sebagai bagian dari proses hukum perdata yang sedang berlangsung. “Hari ini tadi adalah agenda pemeriksaan objek, bukan pengukuran, karena memang tidak ada pengukuran,” terang Masykur, dihubungi terpisah, Kamis (25/8/2022).

Lebih lanjut, Masykur membenarkan bahwa pemeriksaan objek tanah tersebut memang sempat ricuh dengan terjadinya insiden pengeroyokan. Namun, imbuh Masykur, pemeriksaan objek tanah itu tetap dilanjutkan dengan meminta keterangan pada warga.

Selain itu, menurut Masykur, jauh sebelum pemeriksaan objek tanah dilakukan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Muspika setempat terkait bakal dilakukannya pemeriksaan objek tanah seperti yang dimaksud. “Pada saat pemeriksaan memang ada insiden, ketika warga meminta penjelasan juga kita jelaskan, dan pemeriksaan tetap lanjut dengan meminta keterangan warga,” tutupnya.[riq/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev