Peristiwa

Demo Mahasiswa di Malang Sebagai Dukungan Aksi di Jakarta

Aksi demonstrasi di Gedung DPRD Kota Malang.

Malang(beritajatim.com) – Lima ribu mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Malang melakukan aksi demonstrasi di depan Gedung DPRD Kota Malang, Senin, (23/9/2019). Demonstrasi ini ternyata sebagai dukungan untuk aksi mahasiswa di Jakarta.

Koordinator Lapangan Aksi, Reni Eka Mardiana mengatakan aksi ini sebagai dukungan moril agar mahasiswa di Jakarta tidak kendor dalam melakukan demonstrasi. Untuk itu, ribuan mahasiswa ini menolak bertemu dengan perwakilan anggota DPRD Kota Malang.

“Kepada DPRD sebenarnya kita tidak untuk dialog, tidak ada keinginan itu. Tujuannya ini sebenarnya untuk menyemangati teman-teman yang di Jakarta. Biar tidak terpecah lagi seperti gerakan yang di Bogor,” kata Reni.

Dia pun mengajak masyarakat dan mahasiswa agar tetap dalam tujuan menuntut Presiden RI dan DPR RI membatalkan beberapa rancangan undang-undang. Adapun tuntutan mahasiswa adalah, meminta DPR RI mencabut draf RUU KUHP, RUU Ketenagakerjaan, RUU Pertanahan, RUU Pemasyarakatan, segera mengesahkan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual, RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga, dan RUU Masyarakat Adat.

Menuntut Presiden RI Joko Widodo segera mengeluarkan Perppu Pencabutan UU KPK, dan UU Sumber Daya Air. Menuntut segera menghentikan izin korporasi pembakaran hutan. Menuntut polisi membebaskan sejumlah aktivis, juga menuntut BPJS ditanggung sepenuhnya oleh negara dan diberikan secara cuma-cuma kepada masyarakat.

“Kami pendukung aksi di Jakarta, kita mendukung mulai dari daerah gerakannya. Karena kita tidak memungkiri untuk berangkat ke sana,” tandasnya. (luc/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar