Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Demo Buruh Blokir Jalan, Jalur Pantura Tuban Macet 5 Jam

Massa dari FSPMI yang melakukan aksi demo dengan memblokir jalur Pantura Tuban. [Foto: M Muthohar]

Tuban (beritajatim.com) – Ratusan buruh dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) dari berbagai wilayah di Jawa Timur melakukan aksi unjuk rasa dengan memblokir Jalur Pantura Tuban, Rabu (12/1/2022).

Akibat adanya demo blokir jalan, arus lalu lintas di jalur Pantura Tuban mengalami kemacetan panjang. Aksi demo sebagai salah satu bentuk solidaritas untuk para pekerja PT IKSG Tuban yang sedang menuntut haknya.

Dari pantauan beritajatim.com di lapangan, titik kemacetan di jalur nasional itu persisnya berada di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Para buruh FSPMI yang datang dari berbagai daerah itu awalnya berkumpul di kawasan Desa Temandang, Kecamatan Merakurak, Tuban.

Situasi kemacetan di jalur Pantura Tuban saat adanya demo buruh dengan memblokir jalan tersebut.[foto : M Muthohar]
Pada saat sampai di jalur Pantura Tuban itu, ratusan massa dari FSPMI langsung memenuhi jalan nasional tersebut. Sambil berorasi, mereka berjalan kaki dengan mendorong sepeda motornya untuk melakukan pemblokiran Jalur Pantura Tuban itu.

“Aksi blokade jalan ini sebagai bentuk perlawanan kita. Karena sebelumnya PT Swabina Gatra maupun PT IKSG telah mengancam teman-teman, ketika tidak mau tanda tangan kontrak tidak diperbolehkan kerja dan akan diganti pekerja lain,” kata Ibnu Qoyum, Sekretaris KC FSPMI Tuban saat berada di lokasi.

Aksi demo tersebut sudah dilakukan oleh mereka selama dua hari berturut-turut dengan sasaran PT IKSG yang ada di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Tuban. Kemudian aksi blokir jalur Pantura Tuban itu merupakan hari ketiga mereka melakukan aksinya para pekerja IKSG untuk menyampaikan tuntutannya.

Situasi kemacetan di jalur Pantura Tuban saat adanya demo buruh dengan memblokir jalan tersebut.[foto : M Muthohar]
“Tuntutan kami adalah menuntut PT IKSG untuk menerapkan sistem istirahat sesuai schedule yang lama, menuntut perusahaan memenuhi kesejahteraan pekerja berupa uang makan dan tunjangan pokok,” sambungnya.

Dalam aksi demo tersebut ratusan massa bertahan memblokir jalur Pantura Tuban mulai pukul 10.00 Wib sampai dengan pukul 15.00 Wib hingga mengakibatkan macet panjang. Selanjutnya mereka membubarkan diri dari tengah jalan nasional itu setelah perwakilan mereka yang telah selesai melakukan pertemuan dengan pihak perusahaan.

Sementara itu, sejumlah sopir mengaku bahwa terjebak kemacetan di jalur Pantura Tuban itu hingga sekitar 5 jam. Pasalnya kemacetan akibat adanya demo buruh itu dari arah Surabaya menuju Semarang panjangnya mencapai sekitar 7 kilometer.

Selain itu dari arah Semarang menuju Surabaya juga mengalami kemacatan mulai dari titik demo sampai dengan wilayah Kecamatan Tambakboyo, Tuban.

“Ini tadi saya kena macet mulai sekitar jam sepuluh. Sekarang sudah jam tiga baru mulai jalan,” ujar Ahmad, salah satu sopir truk yang terjebak macet di jalur Pantura Tuban itu. [mut/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar