Peristiwa

Dekat dengan Puasa, Khofifah Minta Masjid Rusak Karena Gempa Segera Diperbaiki

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau lokasi gempa bersama Bupati Malang M Sanusi.

Malang (beritajatim.com) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau  sejumlah lokasi terdampak gempa di Malang. Hal yang menjadi perhatian adalah proses evakuasi dan perbaikan harus dipercepat.

Menurut Khofifah, ada tiga kebutuhan dasar masyarakat yang harus menjadi prioritas dalam penanganan bencana. Pertama adalah tempat ibadah, fasilitas kesehatan dan tempat pendidikan. Untuk tempat ibadah seperti masjid, atau musala harus segera diperbaiki. Apalagi sudah mendekati bulan suci Ramadan dimana umat Islam banyak melakukan kegiatan keagamaan, Mulai yang wajib hingga yang bersifat sunah.

“Karena besok ini Insya Allah masuk Ramadan. Maka yang saya pesankan antara lain, fasilitas ibadah apakah musala ataukah masjid, kalau rusak ringan, bisa segera dilakukan proses perbaikan,” ujar Khofifah, Minggu (11/4/2021).

Khofifah mengatakan, dalam kondisi tanggap darurat gempa. Proses identifikasi harus berseiring dengan evakuasi. Saat ini semua tim diterjunkan untuk membantu proses evakuasi. Mulai dari BPBD, PMI, TNI, Polri dan relawan lainnya.

“Jadi kita ingin memastikan bahwa proses identifikasi berseiring dengan proses evakuasi pada saat tanggap darurat ini kita maksimalkan. Tapi kalau rusaknya sedang sampai berat tentu harus dilihat konstruksinya (bangunan ibadah). Saya rasa itu,” kata Khofifah.

Khofifah menyebut, anggaran untuk proses evakuasi dan pemulihan pasca bencana bisa diambil dari Belanja Tidak Terduga (BTT). Menurutnya, BTT telah disiapkan mulai Pemprov, hingga tingkat kota dan kabupaten. Mereka akan melakukan rapat koordinasi dengan Kepala BNPB Doni Monardo untuk mencari solusi terbaik.

“Kita punya BTT Pemprov, Kabupaten juga punya BTT. Nanti akan kita sinkronkan, apa yang akan disupport Pemprov, apa yang disiapkan oleh kabupaten. Ada juga Kasatgas bencana dari BUMN. Jadi kita berbagi tugas. Pak kepala BNPB (Doni Monardo) juga hadir, nanti sama-sama kita carikan solusi secepatnya,” tandasnya. [luc/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar