Peristiwa

Dekat dengan 2 Masjid, Ibadah Minggu di GKJW Kota Mojokerto Ditiadakan

Mojokerto (beritajatim.com) – Pengurus Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) meniadakan jadwal Ibadah Minggu pukul 06.00 WIB, Minggu (11/8/2019). Ini lantaran, jadwal ibadah rutin tersebut bersamaan shalat Idul Adha 1440 Hijriah di Masjid Al Mu Aishim oleh umat muslim setempat.

Menyusul gereja di Jalan Piere Tendean, Kelurahan Sentanan, Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto, jarak antara masjid dengan gereja tersebut terbilang dekat. Hanya berkisar tak lebih dari 100 meter sehingga pengurus GKJW meniadakan Ibadah Minggu.

Pendeta GKJW Mojokerto, Ibu Edi Prasetyaningsih membenarkan terkait hal tersebut. “Iya benar, di GKJW Mojokerto 11 Agustus tidak ada Ibadah Minggu pada pukul 06.00 WIB. Ini hasil rapat pengurus pada, Rabu kemarin,” ungkapnya.

Jadwal Ibadah Minggu berbarengan dengan umat muslim di masjid terdekat menggelar Sholat Idul Adha. Sebagai sosialiasai, sebelumnya pengurus GKJW sudah menyampaikan ke seluruh jemaat melalui ibadah keluarga Kamis dan juga di aplikasi WhasApp Group Jemaat GKJW Mojokerto.

“Ditiadakan karena bersamaan  dengan Sholat Idul Adha yang juga berlangsung pukul 06.00 WIB. Gereja dengan masjid hanya berjarak 100 meter sehingga ini yangmenjadi alasan mendasar pengurus gereja meniadakan jadwal rutin Ibadah Minggu,” katanya.

Hal tersebut, lanjut Ibu Edy, karena umat Kristen menghormati saudar-saudara muslim yang sedang merayakan Hari Raya Idul Kurban. Menurutnya, langkah ini diambil tak lepas dari rasa toleransi umat beragama cukup tinggi di lingkungan yang selama ini terus dipupuk.

Ditambah, GKJW yang merupakan salah satu gereja terbesar di Kota Mojokerto dengan jemaat 1.000 lebih, sejauh ini sudah hidup damai berdampingan. Tak hanya Masjid Al Mu Aishim, diketahui keberadaan GKJW juga dekat dengan masjid milik Porlres Mojokerto Kota yang hanya dipisahkan tembok pembatas saja.

“Jadi ada dua masjid. Ini sebagai bentuk toleransi. Ibadah Minggu biasanya dilangsungkan tiga kali, pukul 06.00 WIB, pukul 09.00 WIB dan pukul 17.00 EIB. Khusus hari ini, yang pukul 06.00 WIB ditiadakan dan hanya dilaksanakan dua kali pukul 09.00 WIB dan pukul 17.00 WIB,” pungkasnya. [tin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar