Peristiwa

Debit Sejumlah Sungai di Mojokerto Meningkat

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini

Mojokerto (beritajatim.com) – Hujan deras disertai angin kencang terjadi di hampir seluruh wilayah di Kabupaten Mojokerto, Kamis (11/3/2021) petang. Akibatnya, delapan sungai dari 11 sungai di Kabupaten Mojokerto mengalami sedikit peningkatan debit air.

Delapan sungai yang mengalami peningkatan debit air tersebut yakni Sungai Sadar yang melintasi Kecamatan Mojoanyar, Bangsal, Mojosari, Pungging dan Ngoro. Sungai Gembolo yang melewati Kecamatan Kutorejo dan Pungging.

Sungai Janjing yang melintasi Kecamatan Trawas dan Ngoro, Sungai Kromong yang melintasi Kecamatan Gondang, Jatirejo dan Sooko. Sungai Pikatan di Kecamatan Jatirejo, Sungai Klorak di Kecamatan Gondang dan Sungai Watudakon di Kecamatan Sooko.

Tiga sungai lainnya yakni Sungai Lamong di Kecamatan Dawarblandong, Sungai Marmoyo yang melintas Kecamatan Kemlagi dan Jetis serta Sungai Cemporat di Kecamatan Sooko terpantau normal sehingga ancaman banjir masih kategori aman.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini mengatakan, sementara kondisi Sungai Brantas pada, Kamis (11/3/2021) pukul 19.00 WIB baik yang mengarah ke Sungai Porong dan Kali Mas status normal.

“Yang mengarah ke Sungai Porong dengan elevasi 17,90 m, debit  374,30 m³/detik, pintu air yang terbuka ada 8 pintu dengan tinggi bukaan 100 cm. Sementara yang mengarah ke Kali Mas, elevasi :17,85 m, debit : 56,14  m³/detik, pintu air yang terbuka 2 pintu. Pintu 1 tinggi bukaan 130 cm dan pintu 2 tinggi bukaan 105 cm,” jelasnya. [tin/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar